-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kayu Bakar Masih Jadi andalan Pembuatan Tahu indramayu

    Jumat, 18 Maret 2022, Maret 18, 2022 WIB Last Updated 2022-03-18T14:50:37Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh



    Indramayu, indometro.Id, Kayu, masih menjadi bahan bakar utama dalam proses pemasakan bahan baku pembuatan tahu di Kabupaten Indramayu. Bukan tanpa alasan para pengusaha tahu dan tempe di wilayah ini menggunakan bahan bakar kayu. Pasalnya, kayu bakar dinilai lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar gas,Jumat( 18/03/2022).


    "Jauh lebih hemat daripada pakai gas. Satu tabung gas ukurang 15 kg itu harganya sudah Rp 200 ribuan. Dan itu cepat habis penggunaannya," kata Ato (51 tahun) pengusaha tahu di Desa Kenanga, Kecamatan Sindang. 


    Sementara dengan menggunakan kayu bakar, lanjut dia, akan lebih murah (efisien). Hanya saja, ungkap dia, pembelian kayu bakar ini harus dalam jumlah besar (satu truk diesel) dengan harga Rp 1,5 juta. "Tapi ini bisa dipakai untuk seminggu lebih. Jauh lebih hemat dari penggunaan gas," ujarnya.

    Penggunaan kayu bakar sebagai bahan bakar, tak hanya dilakukan para pengusaha tahu tempe saja. Para pengusaha kerupuk di sentra pembuatan kerupuk Kenanga pun menggunakan kayu bakar untuk proses pengolahan kerupuknya. Jelas, ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyedian bahan bakar fosil, khususnya Pertamina, agar bisa memberikan solusi terbaik bagi para pelaku UMKM tersebut.


    (her) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini