-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Satu Tahun Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang Mengukir Banyak Prestasi

Jefrilimb82
Senin, 28 Februari 2022, Februari 28, 2022 WIB Last Updated 2022-03-01T02:56:03Z
iklan disini :






Bengkayang, indometro.id - 

Sejak saya dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat berpasangan dengan Samsul Rizal pada tanggal 26 Februari 2021 di balai petitih kantor gubernur provinsi Kalimantan Barat saya dan wakil bupati Samsul Rizal bertekad akan menyampaikan dan melaporkan kinerja dan capaian kepemimpinan kami selama 1 tahun berjalan," demikian penegasan Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis saat melakukan ekspose hasil kerja dan pembangunan selama memimpin 1 tahun pada Sabtu 26 Februari 2021 pukul 19.30

Menurut Darwis sebagai bentuk pertanggungjawaban konstitusional dan politik moral Bupati Bengkayang dan Wakil Bupati Bengkayang kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Bengkayang yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk memimpin Kabupaten Bengkayang.

Hari ini tepat 1 tahun kepemimpinan saya dan wakil bupati Samsul Rizal sesuai janji politik yang saya sampaikan pada saat kampanye bahwa kepemimpinan saya bersama dengan Wakil Bupati Bengkayang senantiasa meneguhkan komitmen secara konsisten melaksanakan visi dan misi arah kebijakan dan program prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten yang telah dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2021 sampai 2026.

Acara hari ini juga dilakukan ramah tamah yang bukan semata-mata hanya acara semua seremonial saja namun juga sebagai refleksi terhadap seluruh capaian hasil pembangunan Kabupaten Bengkayang sekaligus sebagai bahan evaluasi kita bersama untuk lebih meningkatkan kinerja dalam pembangunan Kabupaten Bengkayang yang sangat kita cintai ini.

Tentunya kata Darwis seluruh pencapaian pembangunan yang telah kita raih saat ini merupakan implementasi visi pembangunan Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026 yaitu Kabupaten Bengkayang maju, Mandiri Sejahtera dan berdaya saing ditopang dengan pemerintahan yang bersih dan terbuka.

Mewujudkan visi tersebut perlu dirumuskan misi yang menjelaskan ruang lingkup prioritas dalam melaksanakan kegiatan. Hal ini dimaksudkan agar arah setiap program dan kegiatan menjadi jelas dan dapat menciptakan keadaan yang membuat kehidupan masyarakat di daerah berlangsung efektif serta memiliki peran penting untuk memberikan pengaruh dan turut mendukung kemajuan daerah.

Adapun misi Kabupaten Bengkayang adalah pertama mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang Sehat cerdas dan religius

Kedua mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik peduli, bersih, terbuka, tegas, amanah dan berwibawa yang berorientasi pada pelayanan publik yang prima berbasis teknologi komunikasi dan informasi serta penguatan kemitraan pemerintah dengan dunia usaha

meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dasar untuk mendukung peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga stabilitas ekonomi daerah

Keempat mewujudkan Kabupaten Bengkayang sebagai Kabupaten maju dalam bidang pertanian perkebunan perikanan peternakan perdagangan jasa dan pariwisata

Kelima, Mewujudkan Kabupaten Bengkayang menjadi Smart desa

Keenam, melaksanakan pembangunan kawasan perbatasan yang optimal

Tujuh, mewujudkan Pembangunan Daerah berwawasan lingkungan.

Nah, visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang yang tertuang dalam rpjmd Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2022 ini perlu mendapat dukungan dari kita semua agar seluruh misi dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Bengkayang yang maju Mandiri Sejahtera dan berdaya saing ditopang pemerintahan yang bersih dan terbuka.

Lanjutnya lagi, Kabupaten Bengkayang merupakan daerah hasil pemekaran dari Kabupaten Sambas yang dibentuk berdasarkan undang-undang Nomor 10 tahun 1999 tentang pembentukan daerah tingkat 2 Kabupaten Bengkayang

Daerah ini memiliki luas sebesar 5396,30 km2 atau sekitar 3,608% dari total luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini menjadikan Kabupaten Bengkayang sebagai Kabupaten dengan cakupan wilayah terkecil di Kalimantan Barat. Posisi geografis Kabupaten Bengkayang sangat potensial menjadi gerbang ekonomi karena memiliki Perbatasan darat dengan negara bagian Serawak di Malaysia.

Untuk itu pemanfaatan posisi geografis ini masih belum optimal yang antara lain tampak dari kondisi ekonomi daerah yang dalam 4 tahun terakhir pertumbuhannya cenderung menurun dari 5,602% tahun 2017 menjadi 5,4% tahun 2019 lalu terkontraksi agak dalam menjadi minus 1, 99% pada tahun 2020. Disamping itu perekonomian daerah ini belum bertransformasi dimana dalam 5 tahun terakhir kontribusi tiga sektor ekonomi terbesar relatif stagnan kontribusi sektor pertanian sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan terhadap perekonomian masing-masing rata-rata sekitar angka 32%, 10%, dan 15,5%.

Adapun penyebab utama belum optimalnya pemanfaatan posisi geografis tersebut adalah kebijakan pembangunan daerah yang belum menyentuh masalah pokok di Kabupaten Bengkayang yaitu kondisi infrastruktur. Peningkatan ketersediaan infrastruktur sangat terbatas khususnya infrastruktur jalan yang menghambat konektivitas.

Pada saat memasuki awal tahun pertama kepemimpinan saya dan bapak samsuridjal yang mana bersamaan dengan tingginya pandemi covid 19 di daerah agar kondisi kesehatan masyarakat terus membaik titik kondisi kesehatan masyarakat yang baik merupakan prasyarat untuk pemulihan ekonomi daerah.

Saat ini kita harus mengejar target vaksinasi sebesar 70% yang mana per tanggal 7 Februari 2022 saat ini Kabupaten Bengkayang sudah mencapai target 76,57%. Oleh karena itu, arah pembangunan pada tahun pertama ini selain pembangunan infrastruktur juga fokus pada upaya perbaikan kesehatan masyarakat.

Selanjutnya di masa kepemimpinan saya bersama dengan Samsul Rizal selama 1 tahun ini sudah dilakukan percepatan penyediaan infrastruktur dasar dan perbaikan tata kelola pemerintahan. Tahap ini membutuhkan upaya maksimal terutama dari aspek regulasi daerah perencanaan dan penganggaran.

Percepatan penyediaan infrastruktur dasar mengharuskan ketersediaan anggaran yang relatif besar mengingat adanya perlambatan pembangunan infrastruktur selama pandemi di tahun 2020 2021. Percepatan pembangunan infrastruktur memiliki peran strategis sebagai masyarakat untuk menarik investasi dan mendorong kembali normal nya pertumbuhan ekonomi disekitar angka 5% hingga tahun 2026.

Banyak kajian yang telah membuktikan bahwa infrastruktur berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di mana pertumbuhan ketersediaan infrastruktur yang mencukupi yang mengarah pada terwujudnya sinergi antara pembangunan infrastruktur dengan perbaikan tata kelola pemerintahan daerah yang akan membantu pemanfaatan pemulihan ekonomi daerah.

perlu saya sampaikan juga bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkayang sudah bekerja sangat maksimal sehingga beberapa capaian yang kita peroleh tentunya boleh membuat kita berbangga karena kita mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya. Ada pencapaian kinerja makro Kabupaten Bengkayang yang meliputi indeks pembangunan manusia saat ini mencapai 68,04% dibandingkan tahun sebelumnya hanya sebesar 67, 87% Adapun Angka kemiskinan Kabupaten Bengkayang mengalami penurunan sebesar 6,48% Adapun pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 4,33%.

Pada urusan Pekerjaan Umum pembangunan infrastruktur untuk Jalan Kabupaten Bengkayang dalam kondisi mantap saat ini mencapai 53,44% persentase rumah tangga pengguna air bersih tahun 2021 mencapai 60,602% persentase jumlah rumah tangga yang mendapatkan akses terhadap air minum melalui spam jaringan perpipaan dan bukan jaringan perpipaan terlindung terhadap rumah tangga di seluruh kabupaten sebesar 60, 62% rasio luas daerah irigasi kewenangan kabupaten yang dilayani oleh jaringan irigasi sebesar 56,2% yang mana capaian sebelumnya hanya sebesar 1% saja

pada tahun 2021 pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menganugrahkan kalpataru kepada Salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang, hal ini merupakan penghargaan tertinggi bagi penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia yang diterima oleh Kabupaten Bengkayang. Selain itu Kabupaten Bengkayang juga memperoleh juara 2 dalam event anugerah pesona Indonesia awards.

Prestasi-prestasi ini menunjukkan kepada kita bahwa pada bidang pariwisata kita tidak kalah saing dengan kabupaten lain pada tingkat nasional hal ini hendaknya menjadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan destinasi wisata yang ada di daerah dan terus memaksimalkan dan mengaktifkan badan usaha milik desa atau bumdes yang ada di seluruh desa di Kabupaten Bengkayang

Pencapaian program pembangunan yang baik pada urusan kesehatan tahun 2021 yaitu peningkatan persentase balita gizi buruk atau stanting yang mendapatkan perawatan atau pelayanan kesehatan mencapai 100% pada urusan pemberdayaan masyarakat desa peningkatan persentase pengentasan desa tertinggal sebesar 25,8%. Pada urusan administrasi kependudukan dan catatan Sipil, persentase penduduk berumur dari 17 tahun keatas yang mempunyai KTP elektronik mencapai 84% yang mana saat ini dinas kependudukan pencatatan sipil Kabupaten Bengkayang mendatangkan langsung operator KTP elektronik di kecamatan maupun desa yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang lanjut Darwis juga telah berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga pada hari ini Kita patut berbahagia karena hari ini di laksanakan launching 2 produk aplikasi unggulan yaitu yang pertama aplikasi sistem informasi pajak daerah online, diberi nama simple mantap titik sebuah aplikasi berbasis Android yang menyediakan sembilan jenis pelayanan pajak daerah yang sesuai dengan namanya simpel atau sederhana, dimana wajib pajak atau masyarakat cukup mengunduh aplikasi simpel mantap di playstore kemudian melakukan 3 langkah mudah, daftar, lapor dan bayar.

Yang kedua aplikasi pelayanan pendaftaran dan pembayaran PBB di desa atau diberi nama E-PBB Lamus. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan peningkatan kesadaran dalam melaporkan dan mendaftarkan PBB P2 akan semakin meningkat Selain itu dengan adanya aplikasi e PBB lamus, menjadikan desa-desa di Kabupaten Bengkayang sebagai desa digital atau Smart Desa, jadi saya berharap pelayanan publik lainnya juga dapat melakukan hal yang sama membuat suatu terobosan dan inovasi pelayanan publik yang dapat diakses secara online di desa sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih mudah dan cepat," ujar mantan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat 2019-2024 ini

Pelaksanaan kegiatan 2 produk inovasi aplikasi sistem informasi pajak daerah secara online dan layanan pembayaran PBB p2p di desa secara online yang di launching perdana hari ini merupakan implementasi dan target atas capaian kinerja yang masuk dalam agenda monitoring control for prevention atau MCP Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, yang memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi atau korsupgah yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia seperti kita ketahui bersama progres keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bengkayang pada mcp KPK terkait optimalisasi pajak daerah tahun 2021 sebesar 63,6% Saya minta untuk Tahun 2022 ini dinaikkan minimal 75%

Saya juga mengharapkan adanya inovasi inovasi pada seluruh pelaksanaan urusan urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan non pelayanan dasar yang melekat pada bidang-bidang urusan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bengkayang agar kedepan lainnya lingkaran pemerintahan daerah kota Bengkayang berjalan dengan baik.

Pencapaian yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Bengkayang saat ini sesungguhnya merupakan keberhasilan bersama bukan saja merupakan keberhasilan seorang darwis-rizal tetapi keberhasilan kolektif semua elemen Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang titik peran serta dukungan forkopimda dan DPRD perangkat daerah Kabupaten Bengkayang, seluruh stakeholder dan masyarakat maka seluruh program pembangunan selama setahun ini dapat terlaksana dengan baik oleh karena itu kami patut menyampaikan apresiasi, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kita semua, yang telah ikut serta mendukung dan bekerjasama selama satu tahun pengabdian saya bersama wakil bupati di Kabupaten Bengkayang, semoga sinergitas dan koordinasi yang baik tetap berjalan Demi kemajuan dan suksesnya program pembangunan Kabupaten Bengkayang.

Selanjutnya kami juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah membantu dan menjadi partner konstruktif dalam proses pembangunan di Kabupaten Bengkayang dengan memberitakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang. Juga kepada teman-teman ormas dan LSM serta tokoh masyarakat tokoh adat dan tokoh agama yang menyuarakan aspirasi masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial atas segala masukan saran dan kritikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang semoga hal tersebut bisa menjadi bahan bagi pemerintah daerah kota Bengkayang untuk selalu bisa responsif atas masukan-masukan yang ada.

Dan tak henti-hentinya juga Saya mengingatkan kepada kita semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ingat 5 m, mencuci tangan memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, Karena pada saat ini covid-19 varian omicron sedang meningkat di daerah-daerah" tutupnya

KNI / JVL
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+