-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Meriahkan HUT Aceh Tengah Yang Ke-445, Akan Dimeriahkan oleh Tari Guel Masal 445 Penari

    batnews.site
    Minggu, 06 Februari 2022, Februari 06, 2022 WIB Last Updated 2022-02-06T13:14:32Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Foto : Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Tengah

    Aceh Tengah, indometro.id –


    Kadis Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah, akan melaksanakan festival tingkat SD dan SMP dan juga SMA sederajat se-Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Minggu (06/02/2022)

    Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 sampai dengan 24 di komplek Setdakab di Takengon. Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Takengon yang ke 445 ini juga akan digelar tari guel massal oleh pengurus komunitas Tari Guel Kabupaten Aceh yang telah berdiri pada tanggal 12 Januari 2022, sebut Kabid Kebudayaan Disdikbud.

    Mahdi, S.Pd, Kabid Kebudayaan Disdikbud mengatakan “event selanjutnya para ibu guru PAUD ataupun ikatan guru TK se Kabupaten Aceh Tengah yang lebih kurang berjumlah 150 orang juga, akan melakukan tari tradisional yang meliputi tari resam berume dan tari guel”.

    “Melalui Event yang besar ini kami berharap Tari Guel ini bisa mendunia seperti saudaranya yaitu Saman dari Gayo Lues”, sebutnya.

    “Mudah-mudahan event ini ada adalah awal menyamakan persepsi silaturahmi menjalin komunikasi sehingga komunitas ini berdiri di atas dirinya sendiri dan menjadi acuan bagi kabupaten kota di seluruh Indonesia”, harapnya.

    Pagelaran ini juga akan ada pada pekan kebudayaan pekan kebudayaan Aceh ke-8 tahun 2023 di Banda Aceh. Masyarakat Aceh Tengah juga berharap pagelaran warisan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Tengah ini terus di galakkan dan dilestarikan.

    Pemkab harus mensupport terutama dana juga dibuatkan regulasi serta juklak dan juknis agar komunitas tari guel ter ayomi. Sementara untuk para penggiat pelatih yang ada sekarang hanya berjumlah 15 orang.

    Sedangkan yang telah dilatih pada tahun 2021 yang lalu sejumlah 80 orang. Mereka telah siap juga memberikan kontribusi untuk tari guel yang notabene ini berasal dari Kabupaten Aceh Tengah.

    Wacana ini telah di dukung oleh Pimpinan Daerah, serta jajaran SKPK siap mensupport melestarikan warisan budaya ini, milik pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah. Sehingga tidak hanya menjadi tamu di rumah sendiri.

    Pemerintah Daerah menyampaikan melalui Bapak Bupati dan juga bapak Sekda dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berharap kepada pelatih-pelatih yang telah dilatih dan juga juga anak-anak SD yang saat ini MI dan juga SMP MTSN SMA SMK dan juga sederajat se-Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.

    Sementara itu para peserta cukup antusias dalam mengikuti acara ini, Sabtu (05/02/2022). Dimana telah dilakukan latihan pertama dengan peserta sebanyak 445 orang.

    “Sekali lagi kami mohon peran serta dari seluruh warga masyarakat terutama pemkab, sehingga tarian guel ini tetap bertahan sebagai warisan budaya tak benda menjadi icon budaya yang di kenal di seluruh dunia”, pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini