-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Polsek Dan Koramil lembeh Selatan bahu membahu bersama warga memadamkan kobaran api di Kelurahan Kareko Kec. Lembeh Utara.

Senin, 24 Januari 2022, Januari 24, 2022 WIB Last Updated 2022-01-25T03:11:43Z
iklan disini :





Bitung-Sulut indometro.id Pada hari Senin tanggal 25 Januari 2022, jam. 15.00 wita telah terjadi kebakaran dua Unit Rumah Permanen yang berada di Kelurahan Kareko Lingkungan III RT.06 Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung.

* Adapun pemilik dua Unit Rumah  yang terjadi kebakaran yaitu : 

1. Kel. Mananeke - Lombone
2. Kel. Mokalau - Laheping.

* Menurut keterangan saksi :
Nama : Justus Jubale
Umur  : 58 Thn
Kailupa : 15 Mei 1964
Pekerjaan : PNS
Kelamin : Laki- Laki
Agama : Kristen 
Alamat : Kel. Kareko Lk. III RT. 07 Kec. Lembeh Utara.

 - Menerangkan  bahwa pada saat saksi berada di rumahnya tiba- tiba saksi mendengar suara dari luar rumah yang mengatakan bahwa ada kebakaran sehingga saksi langsung keluar dari rumahnya dan pergi melihat ada asap yang keluar dari arah dapur rumah yang terbakar dan saksi langsung berusaha memadamkan api tersebut dengan cara menggunakan air sumur dan kemudian menyiram api tersebut yang sedang membakar rumah dari keluarga Mananeke - Loumbone.

- Namun Api tersebut lebih membesar dan tidak dapat di padamkan oleh saksi dan juga beberapa warga sehingga api tersebut merembet ke rumah tetangga dan membakar rumah tersebut tepatnya di rumah Keluarga Mokalow - Laheping.

- Sakasi menjelaskan bahwa pada saat terjadinya kebakaran tersebut dimana sumber api berasal dari rumah Keluarga Mananeke - Lombone dari bagian dapur terlihat kaluar asap
- pada saat terjadinya kebakaran dimana pemilik rumah waktu itu sedang menonton TV kemudian perempuan Erni Lombone saat pergi kedapur tiba-tiba ada api yang terjatuh dari Plafon rumah dan mengenai kasur sprinbed yang berada di dalam kamar dan api tersebut langsung membesar sehingga membakar rumah tersebut dan merembet sampai kerumah tetangga yaitu rumah dari kel. Makalaw - Laheping.
- Saksi menjelaskan Untuk pemilik Rumah dari Keluarga Mokalaw - Laheping saat ini tidak berada di tempat karena sedang bekerja di Jepang Namun rumahtersebut di jaga oleh Keluarga Padoma-Laheping yang adalah keluarganya. dan pada waktu api merembet ke rumah tersebut dimana keluarga tersebut tidak berada di rumah dan nantinya ketahuan babwa dirumah teraebut telah terbakar dimana melihat asap yang berasal dari arah rumah tersebut.

* Saksi : 

Nama : Rit Lombone
Umur  : 74 Thn
Ttl       : Siau 15 maret 1974
Pekerjaan: IRT
Kelamin : Perempuan
Alamat : Kel. Kareko Lk. III RT.06 Kec. Lembeh Utara Kota Bitung.

 yang adalah pemilik rumah yang berasal dari sumber api pertama dimana waktu sedang menonton TV bersama dengan perempuan Erni Lombone dan pada saat perempuan Erni Lombone pergi kedapur dimana melihat api terjatuh dari atas plafon dan mngenai kasur sprinbed sehingga api lebih membesar dan sampai merembet ke rumab tetangga yaitu di rumah keluarga Mokalaw- Laheping sehingga menghanguskan rumah tersebut juga, dan saksi waktu itu juga langsung di bawa keluar dari dalam rumah tersebut oleh warga.

* Saksi :
Nama : Steven Padoma
Ttl : Kareko 5 Oktober 1972
Pekerjaan : Nelayan
Kelamin : Perempuan
Alamat : Kel. Kareko Lk. III RT.06 Kec. Lembeb Utara Kota Bitung.

Menerangkan bahwa waktu itu saksi tidak berada di rumah dimana saksi bersama keluarganya berada di rumah warga namun masih di kelurahan Kareko dan pada waktu itu saksi mengetahui bahwa telah terjadi kebakaran di rumah yang di jaganya itu saat melihat asap dan api berasal dari arah seputaran rumahnya sehingga saksi langsung menuju kerumah tersebut dan melihat benar rumah tersebut sudah sementara terbakar dan warga secara berbondong- bondong berusaha memadamkan api tersebut dengan cara menyiram dengan menggunakan air sumur yang di angkut dengan menggunakan ember kecil, tetapi api terus membesar dan membakar hangus rumah  tersebut.


* Dapat di Informasihkan bahwa tidak ada korban jiwa dan hanya kegian Material, namun untuk kerugian material belum dapat di pastikan kalau berapa banyak di karenakan pemilik rumah dari dari Keluarga Mananeke- Lombone masih dalam keadaan shok atas kejadian tersebut sedangkan pemilik rumah dari Keluarga Mokalow- Laheping dimana selaku Pemilik rumah tidak berada di rumah dimana berada di Jepang lagi bekerja.

* Pada saat itu juga dari pemerintah Kecamatan Lembeh Utara bersama dengan Pihak Kepolisian Polsek Lembeh Selatan dan juga dari Koramil Lembeh Selatan langsung turun ke TKP dan kemudian membantu warga berusaha memadamkan api yang membakar dua unit rumah tersebut.

* Dua Unit Rumah warga yang tersbut yang mengalami kebakaran tersebut sudah tidak dapat di gunakannya lagi oleh pemiliknya.

* Adapun Personil Polsek Lembeh yang turun ke TKP di pimpin oleh :
- Lak- har Kapolsek Lembeh Selatan Ipda Suwardi
- Ka Spkt3 Aipda Yonky Pinontoan.
- Fungsi IK langsung mengumpulkan Baket. (Bang cun
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+