-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dalam Perlombaan Yang Dilaksanakan Dekranasda Kalbar, Dua Pengrajin Dan Satu Desainer Asal Sintang Menjadi Sang Juara Lomba

    Rabu, 15 Desember 2021, Desember 15, 2021 WIB Last Updated 2021-12-15T16:01:43Z

    Ads:


    Sintang, Indometro.id Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Lomba Cipta Motif Kain Khas Kalimantan Barat dan Desain Kain Tenun Khas Kalimantan Barat pada 2 November-8 Desember 2021.

    Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan oleh Hj. Lismaryani Sutarmidji Ketua Dekranasda Provinsi Kaliamntan Barat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Rabu, 15 Desember 2021.

    Atas dua lomba tersebut, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Sintang mengirim 8 orang yakni Rosmini, Salomina Wati, Sisilia Lilis, Reni Fatmawati, Helena Ida, Belenjan, Anastasia Astuti, dan Maria Yulita Susanti untuk mengikuti Lomba Desain Kain Tenun Khas Kalimantan Barat dan atas nama Sultan Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak asal Sintang mengikuti Lomba Cipta Motif Kain. 

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang Sudirman, S. Sos, M.Si yang juga Pengurus Harian Dekranasda Kabupaten Sintang menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada ibu Hj. Lismaryani Sutarmidji Ketua Dekranasda Provinsi Kaliamntan Barat atas pembinaannya dan sudah melaksanakan Lomba Cipta Motif Kain dan Lomba Desain Kain Tenun Khas Kalimantan Barat.

    “Dan selamat kepada para juara yang telah meraih juara lomba cipta motif kain dan lomba desain kain tenun khas Kalbar 2021. Semoga kedepan semua pengrajin tenun ikat dan desainer Sintang semakin semangat dan semakin kreatif dalam pengembangan tenun ikat Sintang,” terang Sudirman.


    Sudirman berharap, tenun Sintang semakin mendunia. Dan masyarakat semakin berdaya dalam berkarya dan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. 

    "Tenun ikat semakin dicintai dan rasa bangga untuk memakai produk lokal terutama kain tenun Sintang," ungkap Sudirman.

    Sementara Ernawati Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang menjelaskan bahwa pihaknya mengirim 8 orang pengrajin dan desainer untuk mengikuti Lomba Cipta Motif Flora Kain dan Lomba Desain Kain Tenun Khas Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kalbar di Pontianak. 

    “Hasilnya atas nama Ibu Sisilia Lilis berhasil meraih juara 2 dan Ibu Salomina Wati meraih juara harapan 2 untuk Lomba Desain Kain Tenun dan Sultan meraih juara harapan 1 untuk lomba Cipta Motif Kain Khas Kalimantan Barat. Syarat mengikuti lomba ini merupakan perorangan, membuat satu desain motif “Flora Khas Kalimantan Barat”, membuat karyanya sebanyak 1 desain motif, setiap konsep desain dilampirkan penjelasan judul, tema desain, skema warna dan deskripsi desain. Karya yang dikirim untuk lomba merupakan karya orisinil, bukan tiruan, belum pemah dipublikasikan atau diikut sertakan dalam lomba sebelumnya,” ungkap Ernawati.

    Ernawati menambahkan, ada 14 finalis yang ikut untuk lomba Desain Kain Tenun. Dan 8 orang asal Sintang ini merupakan pengrajin binaan Dekranasda Kabupaten Sintang.

    "Pemenang mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat,” tutup Ernawati. (Tian)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini