-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Uang Tunai 20 Juta Rupiah Jadi Abu Akibat Percikan Api Busi Satu Ruko di Koba Hangus

    Senin, 04 Oktober 2021, Oktober 04, 2021 WIB Last Updated 2021-10-04T08:55:30Z

    Ads:



    Bangka Tengah, indometro.id - 
    Kebakaran menghanguskan satu rumah toko (ruko) di Jalan Jongkong, RT 13, Kelurahan Simpang Perlang, Kecamatan Koba, Bangka Tengah, Senin (4/10/2021) pagi.

    Meski tak menelan korban jiwa, pemilik ruko Riduan (39) tak sempat menyelamatkan sejumlah barang berharga termasuk uang tunia senilai Rp20 Juta.

    Penyebab kebakaran diduga akibat kelalaian manusia. Berdasarkan data yang dihimpun dari aparat Polsek Koba, peristiwa nahas itu diduga akibat percikan api dari busi sepeda motor menyambar bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite.

    Kapolsek Koba, Iptu Martuani Manik seizin Kapolres Bangka Tengah, AKBP Moch Risya Mustario membenarkan peristiwa kebakaran yang menimpa Ruko milik Riduan tersebut.

    "Kronologis kejadian ini terjadi sekira pukul 08.05 WIB, dimana istri Riduan bernama Sauna (34) memberikan BBM Pertalite menggunakan jeriken 20 liter ke saudara Soleh. Saat meletekan BBM Pertalite itu terdapat percikan api pada busi motor dengan kondisi mesin masih menyala, sehingga apipun dengan cepat menjalar hingga ke Ruko Riduan," jelas Iptu Manik
    Kata Iptu Manik, akibat peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diduga mencapai Rp50 juta.

    "Untuk korban jiwanya tidak ada, karena saat kejadian tersebut semua penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri, namun Ruko beserta isinya, seperti surat-surat kendaraan bermotor serta uang cash sebanyak Rp20 juta turut terbakar, dan kerugian material diperkirakan mencapai Rp50 juta," ungkap Iptu Malik.

    Melalui Bhabinkamtibmas wilayah hukum Polsek Koba, Ipti Martuani memberikan imbauan kepada pemilik toko yang menjual BBM Pertalite, Bensin dan lain-lain agar berhati-hati saat melakukan pengisian BBM pada kendaraan bermotor.

    "Kita telah mendatangi TKP, kemudian memanggil saksi mata termasuk salah seorang tetangga Riduan. Kita imbau kepada semuanya saat melakukan pengisian BBM ke kendaraan, kondisi mesinnya dalam keadaan mati sehingga peristiwa seperti ini tidak terulang kembali," tutur Iptu Martuani.

    Kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh Tim pemadam kebakaran yang datang kurang lebih lima menit setelah mendapat laporan kebakaran.

    "Kami mendapat laporan sekira pukul 08.07 WIB, setelah 5 menit berselang petugas kami tiba di TKP. Alhamdulillah api berhasil kita padamkan dan tidak merembet ke mana-mana," kata Kasi Operasi dan Penyelamatan Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Bangka Tengah, Imran, Sabtu (4/10/2021).

    Kata Imran, dalam proses evakuasi pihaknya menurunkan sebanyak delapan personil.

    "Sembari memadamkan api, petugas kami bersama Polsek Koba juga melakukan evakuasi terhadap barang-barang berharga milik korban yang masih bisa diselamatkan," ujarnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini