-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Desa Budidaya Jadi Target Pembibitan Porang oleh Petani Asal Lampung

    Minggu, 29 Agustus 2021, Agustus 29, 2021 WIB Last Updated 2021-08-29T14:43:35Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Lampung Selatan, Indometro.id--

    Satu satunya pembibitan porang yang terletak di Desa Budidaya, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, Junaidi petani asal Lampung, memulai usaha Budidaya porang yang menyediakan bibit langsung bisa tanam, dengan umur bibit mulai dari 1 bulan sampai 2 bulan.

    Seperti yang diketahui Porang atau dalam nama latinnya Amorphophallus Muelleri merupakan tanaman herbal penghasil umbi. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan tropis, salah satunya di Indonesia.

    Permintaan porang yang melonjak di pasaran bukan tanpa alasan, tanaman ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Banyak orang berlomba-lomba menanam porang agar bisa meraup keuntungan.

    Junaidi menjelaskan, tanaman ini disebut bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan tanaman ini bisa ditanam dimana saja, baik tempat teduh maupun di sawah terbuka.

    "Tanaman porang relatif mudah untuk ditanam di semua jenis tanah di iklim tropis, dan tidak mudah terkena penyakit serta tidak rentan cuaca ekstrem," Pungkasnya di lokasi pembibitan, Desa Budidaya, pada Rakyatplus.com, Kamis, (28/08).

    Desa Budi Daya menjadi target pembibitan porang yang dimulai oleh petani asal Lampung tersebut. Warga sekitar sangat terbantu mereka sangat senang dengan adanya usaha pembibitan porang di kampungnya, dengan adanya usaha tersebut warga sekitar di pekerjakan.

    Loso (45) warga setempat menuturkan, kami sangat terbantu dalam perekonomian mas, karena kami bisa bekerja di sini, ini sangat positif buat kami khususnya warga sekitar, bisa mengurangi pengangguran di kampung kami,terangnya.

    "Kami doakan mudah-mudahan usaha pembibitan porang berjalan lancar dan sukses, dan seluruh petani di Lampung Selatan, investasi dalam pertanian menggunakan tanaman porang, karena menurut kami tanam porang prospek kedepannya sangat menjanjikan", katanya.

    Eksportir dan para pengusaha pabrik mulai banyak yang melirik komoditi ini sehingga semakin mudah para petani untuk menjualnya. Mudahnya menjual umbi porang ke pabrik atau ke eskportir membuat para pedagang mulai menampung atau menerima hasil panen para petani porang.

    Penampung porang jawa barat hampir ada di setiap kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan yang sering didengar di media sosial para penampung porang di Subang, Cianjur, Ciamis, Cimahi, Sukabumi, Garut, Bogor, Pangdeglang, dan lain-lain yang kerap muncul menawarkan diri untuk menampung porang. (P)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini