Beralih dari karet ke sawit

Daftar Isi
Pekebunan karet beralih tanam sawit.

Palas indometro 07/07
Masyarakat dikabupaten padang lawas  pekebun karet terdapat mulai melaksanakan penebangan kebun karetnya dan mengganti tanaman menjadi kelapa sawit. Diketahui banyaknya masyarakat berubah pola pekebun tersebut termasuk harga karet tidak menentu atau harga masih tetap rendah. Terakhir para pekebun karet menjual kepada pengepul harga kisaran 6000-8000, persatu minggu. Warga Palas marwan hasibua  n saat dikonfirmasi, menuturkan saya menderes tiap hari dan luas kebun karet saya kurang lebih satu ha atau kurang lebih 450 batang, saya menghasilkan karet perminggu 45-60 kg dan harganya 7800 saya jual pada toke kadang potong lagi air. Jadi bila kita bangdingkan dengan harga kebutuhan kita sehari hati sudah tidak sesuai kalau pekerjaan kita menderes, selain itu kadang punya orangnya kita deres bagi tiga lagi tentu sangat rendah. Jadi kebun ini saya tukar dulu tanamannya.  Tutur bapak seperuh baya. 
Dilain tempat pekebun sawit saat dikonfirmasi indometro ramlan warga kecamatan sosa kabupaten padang lawas menjelaskan ia menjual buah sawit perkilo gram 1700-1900. Luas kebun saya kisaran dua hekter saya panen dua kali sebulan atau satu kali perdua minggu sekali pane kadang hasilnya 1200-800 kg pak. Kalau kita benar benar urus termasuk pemupukan dan pembersihan hasilnya bertambah. 
Deri hasil informasi yang dikumpulkan dari sejumlah masyarakat, tentu sangat berharap kebijakan pemerintah untuk dapat meningkatkan harga - harga hasil usaha pertanian dan perkebunan untuk dapat lebih hidup sejahtera. (Bs)


Posting Komentar

Ads:

banner image
banner image