-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU Praktikum di Kantor Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang

    Ivan Haris
    Rabu, 16 Juni 2021, Juni 16, 2021 WIB Last Updated 2021-06-16T04:57:00Z

    Ads:


    Deli Serdang, indometro.id - Pandemi Covid-19 saat ini masih memberikan dampak pada segala aspek kegiatan termasuk kegiatan-kegiatan di pendidikan tinggi.

    Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai salah satu mata kuliah yang harus mahasiswa ikuti di masa Pandemi Covid-19 ini.

    Claudius Binanta Barus, Mahasiswa Praktikum Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Sumatera Utara,  dibimbing Supervisor Hairani Siregar, S. Sos, M.SP telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara yang beralamat di Jl. Beringin No. 2 Desa Bandar Baru selama kurang lebih 3 (tiga) bulan yaitu sejak Kamis (11/03/2021) sampai Jumat (11/06/2021).

    Febri E. Gurusinga S. STP, MSP, selaku Camat Kecamatan Sibolangit, menyambut baik kehadiran mahasiswa PKL di Kantor Kecamatan Sibolangit saat dimintai tanggapannya terkait kunjungan mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Rabu (16/6/2021).

    "Saya menilai kegiatan praktek ini merupakan kegiatan positif yang sangat baik untuk bekal mahasiswa setelah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi" ucap Camat.

    Banyak kegiatan yang dilakukan Mahasiswa Praktikum selama tiga bulan di Kantor Kecamatan diantaranya adalah menginput dan menyusun data posko Covid-19 dari setiap desa di Kecamatan Sibolangit, menginput data-data persyaratan bantuan bagi pelaku usaha mikro Se-Kecamatan Sibolangit.

    Kemudian menghadiri apel pagi setiap hari senin di lingkungan Kantor Kecamatan Sibolangit, menyusun berkas-berkas dan arsip sosialisasi PUSKESOS Se-Kecamatan Sibolangit, rapat Koordinasi Se-Kecamatan Sibolangit, menempel poster di Kantor Kecamatan Sibolangit, dan berpartispasi memberi bingkisan kepada bilal mayit dan penggali kubur se-Kecamatan Sibolangit.

    Teori yang digunakan mahasiswa dalam PKL ini adalah teori dari Zastrow yang berperan sebagai enabler (pemercepat perubahan) dimana mahasiswa membantu masyarakat menyadari kondisi mereka dan memfasilitasi perencanaan program.

    Metode yang digunakan mahasiswa Praktikum adalah metode Groupwork dengan tahapan sebagai berikut.
    Engagement, Intake and Contract : Mahasiswa praktikum melakukan persiapan dengan membuat kesepakatan dengan pihak Kantor Kecamatan Sibolangit tentang kontrak PKL mahasiswa di Kantor Kecamatan Sibolangit.

    Assessment : Pelaksanaan Protokol Kesehatan belum maksimal khususnya penggunaan masker di lingkungan kantor dan oleh masyarakat penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Asessment dilakukan dengan observasi dan wawancara.

    Planning : Mahasiswa Praktikum mengadakan diskusi kelompok bersama dengan perangkat Kecamatan tentang Program Kerja yang akan dilakukan dengan berpatokan dari hasil assesmen agar masalah yang ditangani dapat diselesaikan sesuai dengan kebutuhan.

    Intervention : Mahasiswa Praktikum membuat Poster tentang ajakan mematuhi Protokol Kesehatan. Poster tersebut kemudian ditempelkan di beberapa lokasi di lingkungan Kantor Camat. Mahasiswa juga membuat Program Kerja yaitu memberikan masker gratis yang dilaksanakan saat pencairan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) setiap bulannya.

    Evaluation : kepatuhan dalam melaksanakan Protokol Kesehatan khususnya penggunaan masker menjadi lebih baik sebelum adanya Program Kerja yang diciptakan mahasiswa, baik di lingkungan Kecamatan maupun saat pencairan dana bantuan sosial.

    Termination : Mahasiswa mengakhiri kontrak PKL di Kantor Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang pada 14 Juni 2021 dikarenakan telah tecapainya tujuan mahasiswa ketika melaksanakan PKL.

    Mahasiswa mengucapkan rasa terima kasih kepada perangkat yang ada dikantor Kecamatan Sibolangit, terutama kepada Bapak Febri E. Gurusinga S. STP, MSP selaku Camat Sibolangit dan kepada Ibu Nurhappy Br. Gurusinga S. H selaku Kasi Kesos Kecamatan Sibolangit yang telah memberi bimbingannya selama mahasiswa PKL.

    Tidak lupa Bapak Camat Sibolangit dan Ibu Kasi Kesos juga menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa karena sudah memilih Kantor Kecamatan Sibolangit sebagai tempat PKL mahasiswa. (Ivan Haris)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini