Ticker

6/recent/Ticker-posts

Antisipasi Banjir, BPBD Bangun Tembok Penahan di Kampung Semut




Tebing Tinggi, Indometro.id - 
Dalam menangani bencana banjir yang kerap dialami warga di pinggiran aliran sungai Padang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemko Tebing Tinggi telah membangun tembok penahan di Kampung Semut Kelurahan Bandar Utama Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.
Tampak di lokasi masih dalam proses pembangunan tembok penahan di sepanjang pinggiran sungai Padang, Sabtu (3/4/2021).

Sebelumnya diketahui bahwa proses pembangunan ini telah melalui kajian tentang mengatasi dampak saat meluapnya air dari Sungai Padang ketika intensitas hujan sedang tinggi dan air berasal dari hulu sungai sehingga air tumpah ruah menuju aliran sungai di Tebing Tinggi.



Demikian dikatakan salah seorang pegawai BPBD di lokasi pekerjaan kepada para awak media bahwa pembangunan tembok penahan adalah semata mata untuk menahan air agar tidak masuk ke pemukiman warga saat banjir datang di Sungai Padang.
Dijelaskannya bahwa tahap pembangunan tembok penahan tersebut, sebelumnya telah melalui kajian teknis serta telah dilakukan sosialisasi dengan warga sekitar tentang fungsi tembok penahan itu dibangun.



Hal ini sesuai dengan harapan Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM saat meninjau bencana banjir di aliran Sungai Padang tahun lalu berharap kepada pemerintah pusat agar memberikan perhatian serius untuk penanganan banjir di Tebing Tinggi.
Harapnya ke depan agar memperbaiki dan meninggikan tanggul/tembok penahan serta memperbaiki pintu klep penahan air masuk dari sungai.



Mengingat kondisi aliran sungai Padang di Tebing Tinggi merupakan air kiriman dari Kabupaten Sergai dan Simalungun, sehingga ketika hujan lebat berdampak terjadinya banjir di Tebing Tinggi.
Menurut warga sekitar bahwa pembangunan tembok penahan tersebut sangat berguna dalam menahan air ketika banjir datang.
" Syukurlah ada dibangun tanggul ini, kiranya masih bisa menahan atau mengurangi air  masuk ke rumah kami " ucapnya.
Warga juga berharap kepada pemerintah agar tetap memperhatikan segala proses pembangunan dalam mengurangi dan mengatasi bencana banjir di Tebing Tinggi.
(IY)

Artikel Terkait