Ticker

6/recent/Ticker-posts

Vaksin Tahap II Untuk 426 ASN Pemkab Inhu

Vaksin Tahap II Untuk 426 ASN Pemkab Inhu 


Riau, indometro.id - Sebanyak 426 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu, Riau menerima vaksin tahap II, di tiga tempat berbeda, Selasa 23 Maret 2021.

Tempat tersebut yakni Aula Kantor Bappeda, Aula Thamsir Rahman, dan Aula Yopi Arianto.

Kepala Dinas Kesehatan Indragiri Hulu Elis Julinarti menjelaskan, ASN tersebut merupakan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Inhu yang divaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan berdasarkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing - masing. 

"Semua pihak jangan merasa takut, Insya Allah proses pemberian vaksin berjalan lancar," kata Elis.

Adapun vaksinator pada kegiatan vaksinasi ini berasal dari beberapa Puskesmas di Indragiri Hulu, antaranya UPTD Puskesmas Pangkalan Kasai, UPTD Puskesmas Sei Lala, UPTD Puskesmas Air molek, UPTD Puskesmas batang gansal, UPTD Puskesmas Polak Pisang, dan UPTD Puskesmas lirik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu Jawalter ikut menerima vaksin Covid-19 tahap II menyebutkan, vaksinasi tahap I yang telah diterima 14 hari yang lalu berjalan lancar, tidak terdapat perbedaan signifikan pada prosedur vaksinisasi tahap II yang baru dilalui. 

“Pada vaksinasi tahap pertama kita melakukan pendaftaran dengan menunjukkan KTP, namun pada vaksinasi tahap II kita hanya menunjukkan kartu vaksin tahap I yang sudah diterima," ujarnya.

Selanjutnya dilakukan skrining kesehatan dan wawancara petugas untuk melihat kondisi kita sebagai penerima vaksin.

Jawalter melanjutkan, setelah menerima vaksin tahap II, ia diminta beristirahat sambil melihat adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sebelum meninggalkan ruangan setiap penerima vaksin akan diberikan sertifkat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah menerima vaksin tahap II.

Disinggung mengenai adanya efek yang dirasakan setelah menerima vaksin tahap I, 14 hari yang lalu, Jawalter mengatakan, dirinya tidak merasakan efek yang berarti baik pada tubuh maupun kondisi kesehatan setelah disuntikkan vaksin Covid-19.

"Beberapa jam setelah menerima vaksin tahap I, saya merasakan ngantuk dan rasa lapar, namun di hari berikutnya tidur menjadi lebih baik dan teratur, begitu juga dengan selera makan menjadi lebih baik," terangnya.

Jawalter menghimbau kepada Masyarakat untuk mengikuti vaksin yang akan diberikan oleh Pemerintah. Dengan vaksin yang diterima akan membantu memberikan kekebalan bagi tubuh mrnghadapi virus Covid-19.

“Saya menghimbau kepada Masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin. Karena ini merupakan upaya dalam menekan angka terkonfirmasi Covid-19 di Inhu,” imbaunya. 

Ia juga berpesan kepada ASN maupun Masyarakat yang telah menerima vaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah melaksanakan aktifitas. 

(Asri)

Artikel Terkait