Ticker

6/recent/Ticker-posts

Relawan Kemanusia Sedekah Jumat Sulbar Gelar Sunat Massal di Polman

Relawan Kemanusia Sedekah Jumat Sulbar Gelar Sunat Massal di Polman


Polewali Mandar, indometro.id - Relawan kemanusiaan Sedekah Jumat Sulawesi Barat (SJS) bekerjasama dengan Asosiasi Tim Sunat Modern (Astatren), melaksanakan Khitan atau sunatan massal secara gratis, Minggu (7 Maret 2021).

Ketua Relawan Komunitas Sedekah Jumat Sulbar (SJS) Tisah Mukarramah mengatakan, kegiatan ini diikuti kurang lebih 32 orang anak yang telah dipilih dari setiap desa di Kecamatan Matakali.
“Ke-32 orang anak yang mengikiuti kegiatan khitanan massal ini kami pilih dari masyarakat atau keluarga prasejahtera, kaum muallaf, dan anak yatim di setiap desa yang ada di Kecamatan Matakali, setiap desa kami pilih 4 orang anak”, ungkap Tisah pada wartawan (7/3).

Tisah menjelaskan sunatan massal ini bertujuan untuk meringankan beban orang tua di tengah pandemi corona. Biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk sunatan dapat dialihkan guna mencukupi kebutuhan keluarga yang lain.

 “kami berharap dengan adanya sunatan massal ini, sedikit bisa membantu beban mereka ditengah pandemic corona” lanjutnya.

Ia melanjutkan, selain memberikan bingkisan makanan berupa cemilan kepada seluruh peserta sunat massal, pihak panitia juga memberikan hadiah satu buah Iqra.

Ketua Astatren Abdul Gafur, S.Kep.,Ns. Menyampaikan, dalam kegiatan sunatan massal ini ada kurang lebih 12 orang Tim medis tergabung pada ASTATREN cabang Polewali Mandar untuk melakukan sunat modern.

“kami kerakkan kurang lebih 12 orang tim untuk membantu proses sunatan massal ini”, pungkas Gafur.
Gafur mengakui, meski kegiatan ini digelar ditengah pandemi corona pihaknya tetap menerapkan dan mematuhi protocol kesehatan Covid-19, kepada seluruh pihak yang hadir dalam pelaksanaan tersebut
“kami sangat ketatkan untuk menerapkan protocol kesehatan, kepada seluruh peserta untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta mengecek suhu pada setiap peserta sunat massal dan juga kepada orang tua mereka”, terang Gafur.

Sementara itu, Sudirman salah satu orang tua dari peserta sunnat massal mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan adanya program sunnatan gratis ini. “saya sangat bersyukur, karena sangat terbantu sebab seperti kami ini dari keluarga yang kurang mampu, apalagi ditengan pandemi corona seperti sekarang ini”, katanya.

Kegiatan yang berlangsung di lantai dua Puskesmas Kecamatan Matakali, terlaksana atas sinergi yang dibangun oleh Dinas Kesehatan, Kepala UPTD yang memberikan tempat untuk berlangsungnya kegiatan tersebut.  

(Aas)

Artikel Terkait