Ticker

6/recent/Ticker-posts

Peresmian Gedung Lapas Kelas III Sinabang

Peresmian gedung lapas kelas III Sinabang



Simeulue, indometro.id - Sekretaris direktorat jenderal Pemasyarakatan kemenkumham RI, Heni Yuwono, Bc.I.P,S.Sos,M.Si resmikan lapas kelas III Sinabang hari ini, Jum’at 19 Maret 2021 di Sinabang.

Kepala lapas kelas III Sinabang, Suparman S.H dalam laporannya, menjelaskan bahwa perencanaan Lembaga Permasyarakatan dimulai  sejak tahun 2003 yang silam, pada masa Kabupaten Simeulue dipimpin oleh Bupati Drs.Darmili saat itu.

“Untuk mewujudkan terbangunnya gedung lapas ini penuh dengan cerita dan perjuangan yang panjang hingga bisa berdiri seperti saat ini”.

Pembangunan gedung Lapas yang dimulai pada tahun 2006 sempat terhenti saat itu. Setelah diadakan permohonan usulan pembangunan oleh KaLapas bersama Pimpinan Daerah kembali pada tahun 2017 dan 2018, gedung Lapas di lanjutkan pembangunannya dan mendapatkan kucuran dana pagu anggaran Lima Belas Miliyar Dua Puluh Satu Juta Rupiah pada tahun 2020.

Penyelesaiann pembangunan tersebut membutuhkan waktu sekitar 128 hari kerja. Parman juga mengucapkan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Kemenkumham atas pembangunan Lapas kelas III Sinabang hingga hari ini diresmikan langsung oleh Sekretaris jenderal direktorat Kemenkumham, Heni Yuwono, Bc.I.P, S.Sos, M.Si.

Lanjut Parman, setelah peresmian hari ini Lapas sudah siap di fungsikan, Namun Ia nya juga menyampaikan masih banyak membutuhkan bangunan penunjang yang di butuhkan di Lapas tersebut. Bahkan yang lebih sangat mendesak dibutuhkan saat ini adalah sebuah gedung tempat ibadah/mushalla tempat ibadah berjamaah bagi para warga binaan dan yang bekerja di Lapas kelas III Sinabang.


Dihadapan Sekretaris Direktorat Jenderal Kemenkumham RI, Kakanwil kemenkumham Aceh, Pemerintah Daerah Simeulue dan para undangan, Suparman S.H memasuki masa pensiun nya lebih kurang 5 tahun kedepan meminta untuk tetap bisa bertahan di Kabupaten Simeulue membina dan menata Lapas di kampung kelahiran nya itu.

“Saya berharap memasuki masa pensiunan yang tingal lima tahun setengah agar Saya bisa tetap mengabdi dan bekerja di kampung halaman dan menata Lapas ini untuk lebih maju lagi”. Tutup Suparman. 

Sementara Bupati Simeulue H.Erli Hasim dalam sambutannya mengapresiasi keberhasilan pembangunan lapas kelas 3 Sinabang, terutama terhadap kalapas Suparman yg berhasil memboyong anggaran pembangunan lapas ke Simeulue.

Bupati juga mendukung peningkatan kelas lapas, yang sudah barang tentu nantinya akan turut menggerakan roda perekonomian di Kabupaten kepulauan tersebut.

Sekretaris jenderal direktorat Kemenkumham RI dan KaKanwil kemenkumham Aceh apresiasi atas usaha dan kesuksesan KaLapas dalam  menyukseskan pembangunan gedung Lapas kelas III Sinabang hingga selesai. 

Acara yang di hadiri Bupati, Wakil Bupati dan unsur Forkopimda serta kepala Desa dan unsur Tokoh Masyarakat Simeulue berjalan dengan hikmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

(AA)

Artikel Terkait