Ticker

6/recent/Ticker-posts

Dilaksanakan Secara Virtual, Pangdam IX/Udayana Buka Rapim Tahun 2021

Dilaksanakan Secara Virtual, Pangdam IX/Udayana Buka Rapim Tahun 2021


Denpasar, indometro.id - Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam IX/Udayana Tahun 2021 merupakan wahana untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja tahun lalu sekaligus penyampaian pokok-pokok kebijakan pimpinan dalam pelaksanaan program kerja setahun kedepan. Rapim yang dilaksanakan secara Virtual menggunakan Video Conference (Vidcon) tersebut, merupakan tindak lanjut dari Rapim Kemhan, Rapim TNI-Polri, Rapim TNI, Rapim TNI Angkatan Darat, pada Selasa (9/3/2021), di Aula Makodam IX/Udayana.

Rapim yang dibuka langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., tersebut, dalam amanatnya pada intinya menyampaikan bahwa Prajurit yang akan berprestasi bukan hanya prajurit yang cepat dan pintar, bukan hanya mempunyai kekuatan dan kekuasaan atau uang dan segala macam. Namun Prajurit yang cepat mempunyai ide dan cepat merealisasikan petunjuk pimpinannya, dialah prajurit yang akan berprestasi.

"Seorang militer yang mempunyai kemampuan yang hebat, mempunyai keluarga yang bisa dibina dengan baik dan menyiapkan anak-anaknya ke arah yang lebih baik, itulah sifat dan jiwa seorang pimpinan militer", kata Pangdam.

Ada satu sisi yang kurang disiapkan pada kebanyakan seorang pimpinan yaitu menyiapkan manusia atau prajuritnya secara individu ataupun secara kelompok, sehingga menjadi tim kerja yang solid, yang menjadi kunci dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan moril prajuritnya sehingga dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi dalam penugasannya.

Selanjutnya, Pangdam mengungkapkan bahwa TNI AD tidak hanya mempunyai kemampuan yang dituntut seperti “back to basic” saja, tetapi harus mempunyai fisik yang baik, beladiri yang bagus, menembak yang bagus, navigasi yang bagus, tetapi untuk satuan kewilayahan dituntut juga untuk meningkatkan kemampuannya dibidang teritorial seperti menguasai wilayahnya, bagaimana mengerti permasalahan-permasalahan yang ada di daerah binaannya termasuk segala macam hal yang kita kerjakan untuk mendukung tugas Pokok TNI AD kedepan.

“Hal inilah yang perlu kita tingkatkan bersama dengan para unsur pimpinan, agar selalu menyiapkan anggota dan meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidang tugas masing-masing, sehingga akan mempermudah pimpinan untuk menyelesaikan dan memberikan solusi-solusi permasalahan yang dihadapi”, ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menekankan kepada para unsur pimpinan, para peserta Rapim, untuk bersama-sama membesarkan Kodam IX/Udayana secara khususnya dan TNI pada umumnya.

“Untuk itu, dengan mengucap puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Rapat Pimpinan Kodam IX/Udayana Tahun 2021 dengan ini secara resmi saya nyatakan dibuka, semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar", tegas Pangdam.

Sementara itu, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya menyampaikan paparan Evaluasi Program Kerja TA 2020, yang intinya sebagian besar evaluasi ini sifatnya administratif, namun demikian ada beberapa hal yang bersifat kepemimpinan atau kebijakan pimpinan yang perlu mendapat perbaikan dimasa yang akan datang.

“Secara umum kegiatan yang dilaksanakan Kodam IX/Udayana sudah berjalan dengan baik, namun demikian masih ada beberapa persoalan dan kekurangan yang harus diperbaiki pada tahun 2021, dan selalu meningkatkan koordinasi dengan semua pihak dan staf terkait lainnya untuk membawa Kodam IX/Udayana kearah yang lebih baik lagi”, tutup Kasdam.

Hadir langsung dalam Rapim tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, serta diikuti secara terpisah oleh Danrem 161/WS, Danrem 162/WB serta Para Dan/Kabalak dan Para Dandim Jajaran Kodam IX/Udayana di ruang kerjanya masing-masing. 

(Nugraha)

Artikel Terkait