Ticker

6/recent/Ticker-posts

Kala Babinsa Ramil 23/Lgst Ajak Warganya Ingat Akan Jasa Pahlawan

Kala Babinsa Ramil 23/Lgst Ajak Warganya Ingat Akan Jasa Pahlawan

Langsa, indometro.id - Tampak disamping jalan dan dibelakang pemukiman masyarakat, sebuah pemakaman yang bertuliskan "PAHLAWAN YANG GUGUR DI BATU PUTIH MENGHADANG PASUKAN JEPANG TGL 25 DESEMBER 1945 (MANSYUR BAKAR, M. THAIB, MHD NUR). Makam tersebut terlihat kotor dan ditumbuhi rumput-rumput liar, bertempat di Desa Batee Puteh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa.

Dalam rangka mengingat jasa para pahlawan, melalui program kegiatan Jum'at Bersih Babinsa Koramil 23/Langsa Timur Kodim 0104/Aceh Timur Serda Mualim mengajak masyarakat melakukan kerja bakti dengan membersihkan seputaran areal makam pahlawan itu.

Dengan menggunakan alat seadanya, seperti cangkul, sabit, hingga tangan kosong, Babinsa dan warga membersihkan pusara yang telah termakan usia itu.

"Ini salah satu upaya yang kami lakukan, untuk mengenalkan kepada generasi penerus sekaligus mengenang jasa para pahlawan," ujar Serda Mualim kepada awak media di lokasi, Senin (26-02-2021).

Usai membersihkan areal makam, Babinsa mengajak warganya untuk berkirim do'a kepada para pahlawan yang telah berjasa besar kepada Negara.

Sementara Danramil 23/Lgst Kapten Kav Khairul Nizam menambahkan, kita sebagai Warga Negara Indonesia, patut kiranya kita menghargai jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawanya demi tujuan kemerdekaan, salah satunya dengan melakukan kerja bakti dengan membersihkan makam.

Saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memotifasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan paling tidak dalam lingkungan sendiri terlebih di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Mari kita jaga lingkungan yang bersih, nyaman dan kondusif, demi terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” ajak Danramil.

Sementara Geuchik Batee Puteh Zulfizam. Z mengatakan, selain menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan mengenang jasa para pahlawan, pihaknya juga menyambut baik agenda yang dilaksanakan oleh Kodim 0104/Atim melalui Koramil 23/Lgst sebagai salah satu pembinaan kepada masyarakat Batee Puteh.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, atas kerjasamanya yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Terima kasih juga saya ucapkan dimana telah aktif dalam setiap kegiatan di desa, dan selalu menjalin komunikasi dengan perangkat desa dan masyarakat, "ujarnya

Mhd 

Artikel Terkait