Ticker

6/recent/Ticker-posts

TNI-AD Gelar Rumah Sakit Lapangan di Lapangan Tammajarra Korem 142/Tatag

TNI-AD Gelar Rumah Sakit  Lapangan Pertama Di Indonesiadi di Lapangan  Tammajarra Korem 142/Tatag


Sulbar, indometro.id - TNI Angkatan Darat (AD) mendirikan sebuah Rumah Sakit (RS) Lapangan di Lapangan Tammajarra Korem 142/Tatag Sulawesi Barat (Sulbar).Hal ini diharapkan dapat melayani korban gempa di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju,

Kolonel CKM dr.Azhari.R, mengatakan pembangunan RS lapangan ini atas perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Rumah sakit lapangan ini memang didesain khusus oleh Bapak KSAD sendiri, rumah sakit lapangan ini bisa dikatakan RS Lapangan tercanggih di Indonesia, RS ini disiapkan agar dapat mandiri, dalam artian punya satelit sendiri punya, punya alat komunikasih sendiri.

Lanjut dr.Azhari menjelaskan bahwa RS Lapangan ini dibekali Sumber listrik yang sangat memadai yang mampu memberikan kebutuhan listrik untuk AC dan penerangan

"Rumah sakit lapangan ini juga dibekali alat penyubling air yang dapat memproses 60 liter air bersih dengan cepat dan juga alat masak yang cangging menghasilkan 600 porsi makanan dalam waktu 30 menit sekali proses" tandasnya.

"Selain itu fasilitas-fasilitas yang ada didalam ini sangat persis rumah sakit pada umumnya, jadi ada ruang penerimaan pasien, ada ruang pemilihan pasien, emergency,ruang konsultasi dokter, ruang oprasi, ruang ICU,ruang perawatan yang difailitasi 100 tempat tidur, ruang sterilisasi alat, dan ruang tempat peristirahatan personil serta perawat dan sebagainya" terangnya.

"Untuk Tim medis awak utamanya ini, dari Yonkes 2 Kostrad sejumlah 140 orang personil dan didukung 13 Dokter Spesialis dan beberapa bidan-bidan sudah siap melayani para korban bencana. Rumah sakit lapangan ini akan berlangsung hingga Rumah Sakit daerah sudah siap", tutupnya.

Artikel Terkait