Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka April Mendatang, Segera Cek Formasi yang Paling Dibutuhkan

Tebingtinggi, INDOMETRO.ID,  -- Mulai April hingga Mei 2021 mendatang Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka

Jumlah quota usulan untuk mengisi formasi CPNS Pusat yang dicanangkan pada tahun 2021 ini berkisar 113.172 .

Sementara, untuk CPNS Tingkat Pemerintah Daerah sendiri, penerimaan kali ini tersedia berkisar  438.170.

Adapun formasi yang masih menjadi prioritas utama dalam penerimaan CPNS tahun ini,  masih sama dengan tahun 2020 kemarin.

Formasi tersebut di antaranya tenaga kesehatan, tenaga guru, dan tenaga teknis.

Sebagaimana diberitakan oleh beberapa media  "Penerimaan CPNS 2021 Dimulai April, Kemenpan RB Ungkap Formasi yang Dibutuhkan", hal tersebut diungkap oleh Kabiro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Andi Rahadian.

Ketiga formasi itu menjadi prioritas dengan harapan dapat mendukung arah serta prioritas pembangunan nasional, juga potensi daerah.

Khusus bagi PPPK untuk jabatan guru, itu sesuai berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yaitu Mendikbud, Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, serta BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Dalam penerimaan CPNS 2021 ini, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, BKN memperpanjangnya sampai tanggal 31 Desember 2021.

Karena, sampai akhir bulan Agustus 2020, usulan formasi untuk Guru PPPK yang sudah masuk dari 32 pemerintah daerah provinsi, 370 pemda kabupaten, dan 89 kota, baru ada 174.077.

Kemudian, dalam tahun 2021 ini, khusus seleksi bagi guru PPPK rencananya bakal berlangsung tiga kali.

Sebelumnya, perihal rekrutmen CPNS 2021 juga telah disampaikan Menpan RB, Tjahjo Kumolo, ketika memberikan pengarahan dalam rakor penyederhanaan birokrasi bulan Agustus 2020 lalu.

Ia menyebutkan, rekrutmen CPNS ini sangat penting dilakukan pada masa krisis kesehatan sekarang. Beberapa formasi untuk CPNS yang bakal dibuka pada seleksi tahun 2021 antara lain posisi bidan, perawat, dokter spesialis, dokter umum, penyuluh perairan, penyuluh pertanian, dan lainnya. (Skn.53).

Artikel Terkait