Ticker

6/recent/Ticker-posts

Kamu Harus Tau Ini, Istilah Critical Eleven Dalam Dunia Penerbangan


Indometro.id - Pada dunia penerbangan terdapat istilah critical eleven atau Plus Three Minus Eight. Istilah ini merujuk pada saat genting di mana kecelakaan pesawat sering kali terjadi, yakni tiga menit pertama setelah lepas landas dan delapan menit terakhir penerbangan sebelum mendarat.

Dilansir dari Express, secara statistik ini adalah waktu yang krusial atau berbahaya dalam penerbangan. Tiga menit pertama digunakan untuk mencari posisi stabil dan mengontrol kecepatan ketika pesawat mulai mengudara. 


Sementara delapan menit terakhir digunakan untuk menurunkan kecepatan dan menyesuaikan dengan landasan. Hal tersebut pun diungkap oleh Ben Sherwood, penulis buku The Survivors Club, The Secrets and Science That Could Save Your Life. Pada rentang waktu 11 menit, para awak kabin dilarang berkomunikasi dengan kokpit kecuali ada hal-hal darurat dan kokpit juga harus menahan diri dari aktivitas yang tidak terkait dengan kontrol pesawat. 


Menit-menit itu menjadi sangat penting

karena pilot yang bertugas harus melakukan komunikasi secara intensif dengan Air Traffic Controller (ATC) untuk mengendalikan pesawat sesuai dengan standar operasi yang berlaku.


Para awak kabin juga akan memberi arahan untuk penumpang seperti mematikan ponsel, menutup meja, membuka tirai jendela, menggunakan sabuk pengaman dengan benar hingga menegakkan sandaran kursi. Aturan ini digunakan untuk mendukung jalannya evakuasi apabila terjadi hal-hal tak diinginkan dan juga menunjang keselamatan penerbangan.


Para penumpang disarankan untuk mengikuti setiap aturan yang ada karena menurut data statistik sebesar 80% kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu tersebut.


(Andreas)

Artikel Terkait