Ticker

6/recent/Ticker-posts

Ini manfaat jahe madu penambah napsu makan yang harus Anda ketahui

 




Berbagai penelitian telah membuktikan mengenai manfaat madu untuk kesehatan. Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa madu dapat memberikan sejumlah kalori tambahan pada tubuh, sama seperti gula dan pemanis pada umumnya. 

Konsumsi gula secara berlebih bisa menyebabkan pertambahan berat badan, yang diikuti dengan meningkatnya risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes

Meski madu berasal dari sumber alami, tetap saja madu adalah pemanis tambahan, seperti halnya sirop jagung atau gula tebu. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara minum madu yang benar agar Anda memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

Ada beberapa cara tepat konsumsi madu yang penting untuk Anda perhatikan. Berikut di antaranya:

  1. Batasi Konsumsi Madu Harian 

Aturan minum madu yang pertama adalah membatasi konsumsi madu harian. Hal ini sejalan dengan para pakar yang menyarankan untuk mengonsumsi madu secara moderat.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu sendok makan madu mengandung sekitar 64 kalori dan 17 gram gula. Usahakan untuk menjaga asupan harian gula tambahan di bawah 100 kalori per hari bagi wanita dan 150 kalori bagi pria.

Cara mengonsumsi madu cukup variatif, Anda dapat menambahkan madu dalam berbagai jenis hidangan seperti:

  • Mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam teh
  • Menyiramkan madu ke atas yoghurt
  • Mencampurkan madu ke oatmeal pagi, roti panggang, dan selai kacang
  • Menjadi alternatif saus dressing salad

2. Mengobati batuk

  Mengobati batuk Sebuah studi tahun 2012 yang terbit dalam Journal Pediatrics menemukan bahwa konsumsi dua sendok teh madu bisa membantu menyembuhkan batuk yang membandel.Hal ini diketahui karena sifat anti-mikroba dalam madu yang bisa membunuh bakteri tertentu. Penelitian lain yang melibatkan 139 anak menemukan bahwa madu dapat meredakan batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur dibanding obat batuk anak. Merangkum dari CNN, penelitian lain di Italia dan Israel juga menunjukkan hasil serupa meski menggunakan jenis madu yang berbeda. Meski begitu, madu tidak boleh diberikan pada anak berusia di bawah satu tahun. Ini karena sistem pencernaan bayi tidak dapat mengatasi kontaminasi dalam madu.


3. Membuat tidur makin nyenyak


Jika Anda sulit tidur, tak ada salahnya mengonsumsi madu. Melansir dari NDTV Food, madu dapat melepaskan serotonin. Oleh tubuh, serotonin akan dibuah menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau secangkir teh.

penulis: indah rahayu

Artikel Terkait