Ticker

6/recent/Ticker-posts

TB Maluku dan Econusa Gelar Transplantasi Terumbu Karang

 

Foto Bersama Tim Tunas Bahari Maluku dan Econusa. 

Maluku, Indometro.id- Sumber keanekaragaman hayati laut yang kaya akan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut ini perlahan mulai terancam punah. 

Berbagai upaya transplantasi terumbu karang, kini mulai dilakukan dari berbagai kalangan dan keterlibatan komunitas, organisasi, diantaranya Tunas Bahari Maluku dan Econusa. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Negeri Haruku, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, yang di dampingi oleh Kewang Haruku Bapak Opa Elisa. Hal ini di sampaikan lewat via whatsapp pada awak media. Rabu (11/11/20). 

Koordinator Kegiatan, Zainudin Mokan mengungkapkan " Di Haruku ini, sudah banyak ekosistem laut yang telah terancam punah, salah satunya adalah terumbu karang, sehingga alternatif yang di lakukan oleh Tunas Bahari Maluku dalam malaksanakan transplantasi terumbu karang untuk menjaga kestabilan keanekaragaman hayati laut serta pelestarian. " Ungkap Mokan

Moka juga menjelaskan " Transplantasi karang merupakan salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang terdegradasi, dengan teknik pencangkokan. Teknik ini berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak.

(Bm/Alwi)

Artikel Terkait