Ticker

6/recent/Ticker-posts

TAPD Bengkalis Gesa Proses Penyiapan APBD 2021

Sekretaris daerah(Sekda) kab. Bengkalis H. Bustami


Bengkalis .indometro.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami, HY menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terus menggesa proses penyusunan Kebijakan Umum Angaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021. 

Estimasi anggaran RAPBD 2021 tidak jauh berbeda dengan APBD 2020. Saat ini Tim TAPD "berjibaku" karena harus menghadapi kendala penyesuaian aturan atau regulasi yang baru dan hal itu memicu keterlambatan proses penyusunan KUA-PPAS untuk disampaikan ke DPRD agar segera dilakukan pembahasan.

Sekretaris Daerah (Sekda) H. Bustami HY mengatakan, untuk APBD 2021, saat ini tim sedang melakukan proses penyusunan KUA-PPAS.

Penyusunan APBD 2021 ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 64/2020 tentang Penyusunan APBD 2021. 

Diakui Sekda, dengan berbagai dinamika, perubahan-perubahan aturan sehingga proses penyusunan mengalami keterlambatan dari jadwal yang seharusnya, meskipun masih ada toleransi waktu.

"Dengan singkatnya waktu, tentu kita akan bekerja semaksimal mungkin. Disisi regulasi,  memang pada tahun ini mendapatkan regulasi yang baru, tentu sangat besar pengaruhnya dalam proses penyusunan," ungkap H. Bustami HY, Rabu (4/11/2020). 

Contohnya, kata Sekda, adanya aturan nomenkelatur, kemudian memakai aplikasi yang baru Sistim Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), menyebabkan kendala dan termasuk dalam pemahamannya belum dapat secara maksimal.

"Dalam proses ini sedang berjalan terbit lagi aturan Permendagri tentang penyesuaian-penyesuaian seperti rekening, akun-akun sehingga berpengaruh lagi terhadap penyusunan KUA-PPAS ini. Teman-teman di TAPD sedang gencar-gencarnya, siang dan malam untuk memproses penyusunan RAPBD 2021 ini, mudah-mudahan segera selesai," harap Sekda.

(anang)

Artikel Terkait