Ticker

6/recent/Ticker-posts

Relawan RAMAH BERARTI: Unggul di Survei Tak Jamin H2G Menang Pilkada

foto massa pendukung RAMAH BERARTI 


Musirawas .indometro.id - Relawan pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten musirawas nomor urut 1 menyatakan, Unggul di beberapa survei bukan jaminan calon petahana H.Hendra Gunawan menang dalam pilkada musirawas 2020.

Saat di hubungi melalui pesan whatsapp oleh jurnalis indometro senin (16/11/2020) Dedis yayandi sebagai salah Satu tim pemenangan pasangan Hj.Ratna machmud - Hj.Suwarti dari relawan Pro Mbokd menilai hasil survei tersebut tidak terlalu berpengaruh, sekarang itu Rakyat Penentunya, Survei itu Sample bukan seluruh Rakyat Musi Rawas yang di Survei atau ditanya Milih siapa di Pilkada Musi Rawas,dirinya menambakan publikasi hasil survei menjelang pemilihan adalah hal biasa. Dan itu tidak jadi soal, sepanjang dilakukan dengan cara-cara jujur. Artinya, data yang dipublikasi adalah data apa adanya. 

hasil survei menjelang pemilihan memunculkan bandwagon effect dan underdog effect. Bandwagon effect atau efek ikut-ikutan yang diharapkan muncul atas hasil survei keunggulan kerap kali tidak efektif. Malah kadang menjadi serangan balik, di mana yang muncul adalah underdog effect. Publik simpati dan mendukung kandidat yang surveinya rendah.  

Hasil survei tak hanya menimbulkan bandwagon effect tapi juga underdog effect. Teori bandwagon effect tidak selamanya bisa bekerja efektif. Itu sudah terbukti dalam sejumlah gelaran pilkada.

Yang pasti Penentuannya tgl 9 Desember 2020 jam 15.00-16.00,itu yg jelas terang dia.

(Musyanto)

Artikel Terkait