Nenek usia 100 tahun sembuh dari COVID-19 - Indometro Media

Berita Terbaru

Friday, May 29, 2020

Nenek usia 100 tahun sembuh dari COVID-19

Baca Juga

Nenek usia 100 tahun sembuh dari COVID-19
Tangkapan layar dari data yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim tentang nenek Kamtin (kanan) yang berusia 100 tahun, setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, saat ditampilkan di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Jumat (29/5/2020) malam.

Surabaya, indometro.id - Nenek berusia 100 tahun bernama Kamtin, warga asal Jalan Gresik PPI Krembangan Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan sembuh dari COVID-19.

"Nenek Kamtin ini seorang survivor COVID-19 tertua di Indonesia," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat malam.

Nenek yang lahir pada tahun 1920 tersebut awalnya menderita sakit batuk dan demam pada 13 April 2020 selama sepekan, lalu dibawa ke Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya sepekan kemudian.

Pada 20 April 2020 dilakukan tes swab yang hasilnya pada 28 April 2020 diketahui hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19, hingga dirawat di rumah sakit tersebut sampai 17 Mei 2020 dinyatakan terkonfirmasi negatif.

Terhadap beberapa orang keluarganya, saat ini dilakukan isolasi di Asrama Haji Surabaya karena sempat melakukan kontak langsung.

Menurut Khofifah, kesembuhan nenek Kamtin memberikan semangat bagi pasien yang masih dirawat, dan membuktikan sangat besar peluangnya untuk sembuh.

"Melalui putrinya, beliau berpesan bahwa disiplin adalah vaksin paling tokcer saat ini, karena vaksin COVID-19 belum ditemukan," ujar Gubernur Jatim tersebut.

Selain berdisiplin, kata Khofifah lagi, vaksin jitu lainnya yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah COVID-19 adalah membiasakan pola hidup bersih dan sehat, serta mematuhi protokol kesehatan.

"Tiga cara itulah vaksin senyatanya hari ini," katanya pula.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, sampai hari ini di Jatim sedang dirawat pasien lanjut usia yang terkonfirmasi positif COVID-19, masing-masing 11,62 persen laki-laki dan 8,62 persen wanita.

"Mari lindungi dan sayangi mereka karena di usianya yang lanjut menjadi salah satu populasi rentan," ujar Khofifah pula.

Data dari gugus tugas terkait total pasien sembuh hingga Jumat (29/5) pukul 17.00 WIB, jumlahnya mencapai 589 orang atau 13,36 persen.

Tambahan pasien sembuh sebanyak 19 orang, yakni empat orang dari Tulungagung, masing-masing tiga orang dari Sidoarjo dan Kabupaten Probolinggo, masing-masing dua orang dari Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang, serta masing-masing satu orang dari Lumajang, Kota Probolinggo, Banyuwangi, Lamongan serta Surabaya.


berita ini kutipan dari : ANTARA

3 comments:

  1. kami menawarkan semua jenis Pinjaman (Perniagaan, Peribadi, Gabungan, Kereta, Pelaburan, dll) @ kadar tahunan 3%. Adakah anda memerlukan Pinjaman dan ditolak oleh bank anda kerana kredit buruk? Adakah anda mempunyai bil yang belum dibayar atau berhutang? Adakah anda mempunyai impian untuk menubuhkan perniagaan? Hubungi kami untuk mendapatkan Pinjaman hari ini dan menghentikan semua halangan kewangan anda. Kami cepat dan boleh dipercayai dan kejujuran adalah kata-kata pengawasan kami. Hubungi kami melalui e-mel di bawah dan kami akan segera membalas anda.
    Yang ikhlas,
    Dr Rose Ahmed
    Ketua Pegawai Eksekutif.
    Laman web: http://fivestarfinancecompany.com
    Hubungi Kami Di: fivestarfinancecompany@gmail.com,
    hubungi atau watssap kami +15165910949

    ReplyDelete
  2. kami menawarkan semua jenis Pinjaman (Bisnis, Pribadi, Konsolidasi, Mobil, Investasi, dll) @ tarif tahunan 3%. Apakah Anda memerlukan Pinjaman dan ditolak oleh bank karena kredit macet? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar atau hutang? Apakah Anda memiliki impian mendirikan bisnis? Hubungi kami untuk Pinjaman hari ini dan hentikan semua hambatan finansial Anda. Kami cepat dan dapat diandalkan dan kejujuran adalah kata pengawas kami. Hubungi kami melalui email di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda.
    Dengan hormat,
    Dr Rose Ahmed
    Pejabat tertinggi Eksklusif.
    Situs web: http://fivestarfinancecompany.com
    Hubungi Kami Di: fivestarfinancecompany@gmail.com,
    hubungi atau hubungi kami +15165910949

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit dipercaya bagaimana saya mendapat pinjaman Rp150.000.000. Nama saya Ny. Mainunah Elsa saya adalah warga negara Indonesia. Saya senang saya mendapat pinjaman dari pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman saya. Saya telah mencoba layanan yang berbeda tetapi saya tidak pernah bisa mendapatkan pinjaman dari layanan tersebut. beberapa dari mereka akan meminta saya untuk mengisi banyak dokumen dan pada akhirnya tidak akan berakhir dengan baik. tetapi saya senang setelah bertemu dengan MOTHER KARINA, saya bisa mendapatkan pinjaman Rp150.000.000 sekarang bisnis saya berjalan dengan baik dan saya ingin memberi tahu Anda semua hari ini karena mereka cepat dan 100% dapat diandalkan. sekarang saya membayar kembali pinjaman yang saya dapatkan dari Perusahaan (KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY). hubungi mereka dan jangan buang waktu Anda dengan para peminjam pinjaman palsu: Email: (karinarolandloancompany @ gmail. com)
      NAMA PERUSAHAAN = PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
      WHATSAP = +15857083478
      EMAIL PERUSAHAAN = KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

      EMAIL SAYA = MAIMUNAHELSAELSA@GNAIL.COM
      NAMA ACCOUNT =, MAINUNAH ELSA
      BANK = BANK NEGARA INDONESIA
      PINJAMAN YANG DISETUJUI = Rp 150.000.000

      Delete