Corona Bisa Menempel di Baju? Bahan Kimia Ini Bisa Membersihkannya - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, May 10, 2020

Corona Bisa Menempel di Baju? Bahan Kimia Ini Bisa Membersihkannya

Baca Juga

adv enesis
Foto: Shutterstock


Jakarta, indometro.id - Pandemi virus Corona (COVID-19) kian hari memakan banyak korban. Walaupun sudah ada anjuran dari pemerintah mengenai physical distancing dan aturan PSBB, masih saja ada berita mengenai masyarakat yang tertular oleh virus ini.
Salah satu berita yang beredar menyebutkan virus Corona dapat menular hanya melalui kontak dengan baju orang yang terpapar oleh virus ini. Menurut Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) di Amerika, virus Corona sebenarnya hanya berasal dari droplet atau cairan saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin.
Namun tidak menutup kemungkinan saat cairan yang dikeluarkan orang terinfeksi dapat menempel pada pakaian orang lain, maka bisa berpotensi memindahkan virus COVID-19. Karena menurut berbagai penelitian, waktu bertahan hidup virus Corona ini bisa cukup lama di berbagai permukaan termasuk pakaian.
Maka dari itu kita membutuhkan bahan aktif yang dapat digunakan untuk membersihkan pakaian kita dari virus atau bakteri. Dilansir melalui ncbi.nlm.nih.gov, salah satu bahan kimia yang mempunyai spektrum fungsi anti mikrobakteri adalah Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride.
Secara ilmiah fungsi Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride atau Benzalkonium Chlorides banyak digunakan sebagai disinfektan yang telah teruji secara klinis dapat mematikan virus. Dikutip lewat Canada.ca, bahan kimia Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride juga secara resmi diumumkan sebagai disinfektan oleh pemerintahan Kanada untuk memerangi COVID-19.
Seorang tenaga medis dari Indonesia dr. Alberta Claudia juga membahas bahan tersebut melalui unggahan Instagram miliknya. Alberta menyebutkan bahan Alkyl Dimethyl Benzyl Ammonium Chloride mengandung properti antibakteri untuk melawan virus.
"Salah satu bahan aktif yang bisa aku sarankan adalah Alkyl Dimethyl Benzyl Ammonium Chloride. Karena bahan aktif itu ternyata dia memiliki properti antimikroba spektrum yang luas jadi dia membantu membunuh kuman bakteri spektrum yang luas," jelas Alberta.
Kemudian mengenai keamanan dari bahan ini, Alberta menjelaskan selama dipakai di bagian luar tubuh tidak berbahaya.
"Kalau misalnya kalian pakai contohnya seperti pada parfum penyetrika pakaian itu kan dipakainya di bagian luar, jadinya aman karena tidak karsinogenik (menyebabkan bahaya kanker) dan ini menurut US Enviromental Agency," ungkap Alberta.
Bahan Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride yang tepat untuk kita pergunakan sebagai disinfektan itu pun bisa kita temui pada beberapa produk pembersih pakaian sehari-hari. Seperti produk parfum penyetrika pakaian Kispray.
Kispray Anti Kuman sudah dipercaya oleh masyarakat luas dan keluarga Indonesia sebagai produk parfum setrika pakaian yang aman dan higienis. Selain itu, Kispray juga merupakan satu-satunya produk setrika pakaian yang mengandung bahan aktif Alkyl Dimethybenzyl Ammonium Chloride, sehingga membuat produk ini cocok dan aman digunakan untuk membersihkan kuman dan virus yang menempel pada pakaian Anda.
Kispray juga telah lulus uji mikrobiologi di Institut Pertanian Bogor yang memastikan bahwa produk Kispray mengandung bahan-bahan yang dapat membunuh kuman dan bakteri di pakaian dengan efektivitas 99%.
Yuk gunakan Kispray Anti Kuman untuk melindungi keluarga kalian dari COVID-19 dan menjadikan pakaian kalian harum, bersih, serta aman untuk digunakan!

berita ini dikutip dari : detiknews

No comments:

Post a Comment