Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pasien Positif Corona di Sulut Jadi 5 Orang, 17 Berstatus PDP

Konferensi pers Gugus Covid-19 Sulawesi Utara
MANADO, indometro.id – Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) bertambah menjadi lLima orang. Dua orang pasien yang baru terkonfirmasi yakni perempuan berusia 49 dan 42 tahun.
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan kedua perempuan asal Manado itu sama-sama memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri, tapi tidak ada ikatan keluarga.
"Saat ini sedang dirawat di ruang isolasi RS Wolter Monginsidi Teling," kata Dandel, Senin (6/4/2020).
Kedua pasien tersebut sebelumnya berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona. Keduanya merupakan bagian dari lima orang yang dideteksi lewat rapid test dan terkonfirmasi positif.
Lima orang positif tersebut, dua orang dirawat di ruang isolasi RS Robert Wolter Mongisidi Teling, dan dua lainnya di rawat di RSUP Prof Kandouw Manado, sedangkan satu lainnya setelah dua kali dinyatakan negatif Covid-19 akhirnya meninggal dunia akibat penyakit gagal ginjal stadium 5.
Sedangkan untuk ODP berjumlah 334 orang dan 17 orang PDP, 12 dirawat di RSUP Prof Kandouw, satu di RSUD Sam Ratulangi Tondano, satu di RSUD Talaud, satu di RSUD Pobundayan Kotamobagu, dan dua di RS Robert Wolter Mongisidi Teling.
Dari 17 PDP tersebut, tiga orang merupakan PDP baru, satu orang laki-laki berusia 20 tahun dengan riwayat perjalanan dari luar negeri, kemudian perempuan berusia 37 tahun ada riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 di Jakarta dan laki-laki berusia 37 tahun yang merupakan kontak erat dari salah satu PDP.
"Rincian PDP di Sulut, ada tujuh orang di Manado, Kota Kotamobagu satu orang, tiga orang di Minahasa, dua orang di Minahasa Tenggara, satu orang di Tomohon, Talaud satu orang, Minahasa Utara satu orang dan dari luar wilayah satu orang," ujar Dandel
Selain itu Gugus Tugas covid-19 Pemprov Sulut sampai Senin sudah membagikan 1.720 alat rapid test yang dibagikan di kabupaten dan kota. Sudah ada 694 hasil dengan rincian 689 non reaktif atau negatif dan lima yang reaktif.
"Kami juga melakukan konsultasi sebelas orang, ada kunjungan tamu sembilan orang yang melakukan konsultasi ke kami, kemudian ada 508 pelaku perjalanan yang berhasil kami notifikasi, hingga total dari tanggal 18 maret sampai 5 april sudah ada 21.821 perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal yang berhasil kami notifikasi dan disebarkan data itu di kabupaten kota untuk dipantau," pungkas Dandel.


Berita ini sudah terbit di OKEnews