Peristiwa 30 Maret : Demo Tolak Kenaikan Harga BBM hingga Wafatnya Chrisye - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, March 29, 2020

Peristiwa 30 Maret : Demo Tolak Kenaikan Harga BBM hingga Wafatnya Chrisye

Baca Juga

Ilustrasi
JAKARTA, indometro.id - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 30 Maret dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 30 Maret kemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.
indometro.id merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 30 Maret dari tahun ke tahun merujuk berbagai sumber. Peristiwa itu diantaranya aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM yang berujung ricuh hingga meninggalnya musisi legendaris, Chrisye.
Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 30 Maret hasil rangkuman indometro.id :
1. Penggunaan Obat Bius Pertama Kali
30 Maret 1842 merupakan salah satu hari yang bersejarah bagi ilmu kedokteran. Sebab, pada 30 Maret 1842, obat bius pertama kalinya digunakan dalam sebuah operasi.
Dokter yang pertama kali menggunakan obat bius yakni, Dr Crawford Long. Ia melakukan operasi dengan menggunakan obat bius dengan metode Ether. Hingga kini, obat bius menjadi salah satu cara yang digunakan oleh tenaga medis dalam ilmu kedokteran.
2. Alaska Dibeli Amerika dari Rusia
Alaska merupakan daerah pegunungan dengan perairan yang ditutupi oleh salju. Alaska dulunya merupakan daratan milik Rusia. Namun, pada 30 Maret 1867, Sekretaris Negara Amerika Serikat William H Seward membeli Alaska dari Rusia seharga 7,2 juta dolar Amerika.
Alaska kini menjadi salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Alaska kini merupakan negara bagian Amerika yang terbesar dan memiliki sumber daya alam yang terkaya. Alaska sendiri merupakan daerah Eksklave atau negara bagian yang tidak tersambung dengan daratan Amerika.
3. Demo Mahasiwa Tolak Kenaikan Harga BBM
Ribuan Mahasiswa dari berbagai kampus di daerah turun ke jalan menggelar demonstrasi menyampaikan aspirasinya pada 30 Maret 2012. Demo yang digelar mahasiswa dan juga buruh tersebut menyikapi kebijakan pemerintah yang berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM berpusat di depan Gedung DPR/MPR. Demo sengaja dilangsungkan di depan Gedung DPR karena rencananya pada 1 Maret 2012, kenaikan harga BBM akan disahkan. Demo yang berlangsung hingga malam hari sempat berakhir rusuh.
4. Korea Utara Nyatakan Perang Kepada Korea Selatan
Sejarah kelam terjadi di dua negara pada 30 Maret 2013. Kedua negara itu yakni, Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). Negara yang bertetangga itu terlibat konflik antar negara.
Pasalnya, tepat hari ini, Korut menyatakan keadaan perang terhadap Korsel. Kedua negara ini memang kerap selalu berseteru. Namun belakangan ini sudah mulai mereda.
5. Pasukan Soviet Serbu Austria pada Perang Dunia ke-II
Setiap tahunnya, pada tanggal 30 Maret 1945 merupakan peringatan untuk mengingat adanya salah satu goresan sejarah kelam yang terjadi pada perang dunia ke-II.
Hari ini, ketika tahun itu, pasukan dari negara Uni Soviet melakukan serbuan di Austria. Bahkan, akibat serangan itu, Uni Soviet berhasil merebut Ibu Kota Austria, yakni, Wina.

6. Wafatnya Musisi Legendaris Chrisye

Chrismansyah Rahadi atau lebih dikenal Chrisye adalah seorang sosok legendaris penyanyi Indonesia tepat pada hari ini menghembuskan napas terakhirnya.
30 Maret 2007 dunia permusikan Indonesia mengalami duka. Mengingat, Chrisye adalah salah satu sosok yang fenomenal sebagai penyanyi ataupun pencipta lagu di Indonesia.

Berita ini sudah terbit di OKEnews

No comments:

Post a Comment