-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Gubernur Ganjar: Kota Tegal Tidak Lockdown Tapi Isolasi Kampung

    redaksi
    Jumat, 27 Maret 2020, Maret 27, 2020 WIB Last Updated 2020-03-27T07:52:35Z

    Ads:

    Foto Kota Tegal
    indometro.id-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan lockdown di Kota Tegal bukan tindakan karantina seperti yang dilakukan berbagai negara menghadapi Covid-19 atau Corona. Ganjar lebih ke mengistilahkan dengan "Isolasi Kampung".

    Ia mengatakan sudah melakukan klarifikasi ke Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono. Ganjar sebenarnya mengapresiasi respon cepat Pemda setempat karena ada pasien positif Corona. "Sudah ada penjelasan, niat baik. Di sana ada yang positif, dirawat," kata Ganjar, Jumat (27/3/2020).
    Pemkot Tegal sebenarnya ingin menegaskan agar warga patuh untuk tetap di rumah saja dan mengurangi aktivitas. Ganjar juga mengaku Wali Kota Tegal sempat berkoordinasi menutup tempat hiburan, namun ternyata masih banyak warga yang keluar.

    "Pak Wali Kota merespons dengan baik, intinya masyarakat bantu pemerintah agar masyarakat tidak jalan-jalan keluar maka pada saat ada kejadian itu dilakukan 'lockdown local'," papar Ganjar.
    "'Lockdown localnya' alun-alun karena banyak orang di alun-alun, kemudian dinaikkan lagi, kok masyarakat masih banyak. Beberapa waktu lalu pak wali (wali kota) telepon, 'Pak Gub, saya mau nutup tempat hiburan' maka saya izinkan. Kok masih jalan lagi maka beliau batasi jalur masuk kota dan kampung dengan barier, mungkin judulnya ya isolasi kampung," lanjutnya.
    Penegasan local lockdown tidak sama dengan lockdown di berbagai negara juga ditegaskan dengan masih bolehnya aktivitas terbatas di Kota Tegal. Jika benar Lockdown maka sama sekali tidak ada yang boleh keluar rumah.

    "(Kota Tegal) Itu tidak lockdown, kalau iya maka masyarakat tidak boleh keluar rumah. Lha ini masih boleh kok," imbuhnya.

    Namun Ganjar setuju jika benar ada isolasi kampung yang minimal diatur tingkat RT termasuk bagaimana cara belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    "Minimal mereka melakukan isolasi pada level terkecil yakni RT. Cara belanjanya silahkan diatur, masyarakat hanya boleh bergerak di level RT saja. Kalau itu bisa, saya justru akan mendukung penuh," katanya.

    Berita ini sudah terbit di Detiknews
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini