Cegah Banjir Jabodetabek, Pemerintah Modifikasi Cuaca Mulai Hari Ini - Indometro Media

Berita Terbaru

Thursday, January 2, 2020

Cegah Banjir Jabodetabek, Pemerintah Modifikasi Cuaca Mulai Hari Ini

Baca Juga

Cegah Banjir Jabodetabek, Pemerintah Modifikasi Cuaca Mulai Hari Ini
ist

INDOMETRO.ID - Pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dibantu TNI akan melakukan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) guna mencegah banjir di wilayah Jabodetabek. 

TMC merupakan hasil Rakor Penanganan Banjir Jabodetabek di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, 2 Januari 2020.

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengatakan, BPPT dan TNI akan melakukan empat sortie penerbangan dalam operasi TMC, Jumat (3/1/2020). 

"Dua sortie penerbangan rencananya mulai dilakukan pada pukul 09.00 WIB, sedangkan dua sortie selanjutnya pukul 13.00 WIB," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, penerapan TMC untuk mempercepat turunnya hujan sebelum masuk ke wilayah Jabodetabek. 

Jika hujan yang turun berkurang di wilayah tersebut, maka dapat mencegah terjadinya banjir. "Kami sudah siapkan 22 ton bahan semai (garam) dan segera ditambah lagi stoknya," katanya.

Tri Handoko Seto dari BPPT memaparkan, pihaknya sudah menganalisis pertumbuhan awan penyebab hujan di Jabodetabek. 

"Awan-awan tersebut beasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek yaitu selat Sunda, Lampung dan sekitarnya," ujarnya.

Sebelum operasi, dia mengungkapkan, BPPT melakukan prediksi dan monitoring pertumbuhan dan pergerakan awan. 

"Semua awan yang bergerak ke Jabodetabek dan diperkirakan akan hujan di Jabodetabek akan disemai dengan pesawat menggunakan bahan semai NaCl. 

Diharapkan, awan akan jatuh sebelum memasuki Jabodetabek," tuturnya.

Kepala BNPB Doni Monardo menuturkan, TMC untuk mengurangi volume awan sehingga curah hujan yang turun lebih terkendali dan tidak menyebabkan banjir. 

"Volume awan yang kemungkinan bisa menjadi hujan harus dikurangi dari sekarang agar tidak menumpuk di satu waktu," katanya.

TNI telah menyiapkan dua pesawat tipe CN295 dan Cassa sejak Kamis, 2 Januari 2020. TNI juga menyiapkan 1 unit Hercules.

Peluncuran sebagai tanda pengoperasian TMC akan dilakukan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pada pukul 13.00 WIB.


berita ini bersumber dari inews

No comments:

Post a Comment