-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Mengalami Kenaikan

    redaksi
    Kamis, 21 November 2019, November 21, 2019 WIB Last Updated 2019-11-21T09:32:58Z

    Ads:

    ist
    INDOMETRO.ID - Harga tandan buah segar kelapa sawit pada tingkat petani di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung sejak beberapa hari ini mencapai Rp1.150 per kilogram atau mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya Rp600-Rp700 per kg.

    "Kami menjual buah sawit kepada pedagang pengumpul atau tauke sawit sejak beberapa hari terakhir, harga sawit sebelumnya sebesar Rp600 per kg," kata Katirin, petani kelapa sawit di Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji, Kamis

    Katijan yang memiliki lahan kebun kelapa sawit seluas sekitar dua hektare ini menjual tandan buah segar kelapa sawit dengan harga sebesar Rp700 per kg kepada tauke sawit di wilayah ini sejak seminggu terakhir.

    Ia menyatakan petani di wilayah ini bisa menjual tandan buah segar kelapa sawit dengan harga sebesar itu kepada tauke, karena potongan harga sawit petani yang dibeli oleh tauke sawit di wilayah ini tidak terlalu besar.

    Selain itu, tauke membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar itu karena tauke menjual buah sawit kepada pabrik minyak kelapa sawit di wilayah ini juga tinggi, yakni sekitar Rp1.150 per kg.

    Dia sendiri yang memanen tandan buah segar kelapa sawit di kebunnya, sehingga bisa menjual tandan buah segar kelapa sawit sebesar Rp800 per kg kepada tauke di wilayah ini.

    "Kalau mengupah orang lain untuk memanen tandan buah segar kelapa sawit, maka biaya yang harus kami keluarkan untuk membayar upah orang sebesar Rp400 per kg," ujarnya lagi.

    Petani kebun sawit di Kecamatan Way Serdang, Jarot mengatakan harga jual tandan buah segar kelapa sawit miliknya sejak beberapa hari ini naik dari sebesar Rp450 per kg menjadi Rp1.150 per kg.

    "Alhamdulillah harga jual buah sawit kepada tauke naik sejak sepekan ini sampai sekarang naik. Kami berharap setelah ini harga sawit di wilayah ini naik lagi," ujarnya pula.

    Ia menyatakan, meskipun harga sawit naik, namun hasil penjualan tandan buah segar kelapa sawit ini belum cukup buat membeli pupuk untuk menyuburkan tanaman sawit.

    Menurutnya, sebagian pekebun sawit di wilayah ini hanya mampu membeli pupuk untuk menyuburkan sebagian tanaman kelapa sawit.raharja
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini