-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Visa dan Paspor Haji Rampung 15 Kloter

    redaksi
    Sabtu, 20 Juli 2019, Juli 20, 2019 WIB Last Updated 2019-07-20T06:31:41Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Sejumlah jamaah calon haji Kloter 4 menunggu diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Medan, Senin (15/7).
    MEDAN,INDOMETRO.ID  Hingga keberangkatan kloter 7 asal Kabupaten Serdangbedagai, Kota Gunungsitoli, Kota Binjai, dan Kota Tebingtinggi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah menerima visa dan paspor calon jamaah haji (calhaj) sebanyak 10 kloter.
    “Dalam waktu dekat, dokumen akan kembali bertambah. Sekarang sudah mau ngambil lagi 5 di Jakarta. Jadi total 15 (kloter) lah,” kata Kabid Dokumen Haji PPIH Embarkasi Medan, Eri Nofa kepada Sumut Pos, Jumat (19/7).
    Terkait pemberangkatan calhaj kloter 7 yang berjumlah 391 orang pada Jumat dinihari, tercatat dua orang calhaj batal berangkat. “Manifest 227 batal berangkat dari daerah karena meninggal. Kemudian manifest 383 sakit sebelum masuk Asrama Haji,” pungkasnya.

    Pandu Ziarah Raudhah

    Di Madinah, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pemandu Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Kerukunan Keluarga Sumatera Utara, bekerja memandu dan membantu jamaah haji kloter 5/MES asal Kabupaten Mandailing Natal, untuk ziarah ke Raudhah.
    “Ziarah ke Raudhah dilakukan tengah malam untuk menghindari keramaian dan berdesak-desakan,” kata Ketua Kloter Irfansyah Nasution, melalui Humas Embarkasi Medan, Abdul Azhim.
    TPHI menjelaskan, area Raudhah antara rumah Rasulullah dengan mimbarnya merupakan salahsatu tempat yang memiliki kemuliaan dan keutamaan. Kemuliaan dari Raudhah dimaknai bahwa siapa yang shalat di sana (Raudhah), seakan-akan ia telah berada di taman surga. Dan dilipat-gandakan pahalanya 1.000 kali dari shalat di masjid lain kecuali Masjidil haram.
    “Para jamaah juga dianjurkan untuk berdoa di Raudhah, karena ini juga merupakan salah satu tempat yang mustajab/makbul untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT,” katanya.
    Karenanya sangat dianjurkan bagi para jamaah sebelum ziarah Raudhah, hendaklah dalam keadaan suci atau berwudhu. Berpakaian yang rapi, sopan dan menutup aurat, sholat sunat di Raudhah, niat iktikaf, berzikir dan membaca Alquran.
    Para jamaah haji asal Mandailing Natal dan Sumatera Utara dengan tertib berbaris 3 berbanjar, berjalan dengan dipandu TPHI, TPIHI dan para mukimin yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU), memasuki Raudhah dengan melalui pintu babussalam.

    Gubsu Ingatkan Jamaah Jaga Kesehatan

    Terpisah, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan para jamaah haji asal Sumut, untuk tetap menjaga kesehatan. Baik sebelum berangkat ataupun selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekkah. Apalagi cuaca di sana tidak bisa ditebak dan berbeda dengan Indonesia.
    Pesan tersebut disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi usai menepung-tawari calon jamaah haji, di Rumah Dinas Gubsu, Medan, Jumat (19/7).
    “Ibadah haji adalah ibadah yang banyak mengandalkan fisik. Untuk itu, jamaah haji diharapkan menjaga kesehatannya. Sehat itu adalah prioritas, tapi biasanya yang kuat itu yang emak-emak,” ujar Gubernur.
    Kepada para jamaah, Edy menceritakan rencananya membangun Asrama Haji di dekat Bandar Udara Kualanamu Deliserdang. Asrama Haji yang saat ini berada di jalan AH Nasution dinilai terlalu jauh dari Bandara Kualanamu. “Karena dulu bandara di Polonia masih dekat dari Asrama Haji yang sekarang, tapi sekarang bandara sudah di Kualanamu, jauh dari sini,” ungkapnya.


    Asrama haji yang akan dibangun rencananya akan menggambarkan Kota Mekkah, Madinah dan Jeddah. Hal tersebut bertujuan agar para calon jemaah haji bisa merasakan kondisi yang ada di Tanah Suci sebelum berangkat. “Untuk itu, ibu ibu, doakan niat membangun tersebut agar tercapai,” kata Edy Rahmayadi yang disambut dengan amin oleh jamaah majelis. (sp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini