-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pasca Liburan, Cuma 20 Anggota DPRD Medan Hadir

    redaksi
    Selasa, 11 Juni 2019, Juni 11, 2019 WIB Last Updated 2019-06-11T06:44:33Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Anggota DPRD Medan yang hadir usai libur Lebaran, berbincang usai rapat, Senin (10/6).
    MEDAN,INDOMETRO.ID  – BERBEDA dengan ASN Pemko Medan, tingkat kehadiran anggota DPRD Kota Medan masih minim Dari 50 anggota dewan yang terpilih pada periode 2014-2019, hanya 20 orang yang hadir atau 40 persen. 

    Padahal, ada sejumlah agenda rapat, seperti pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj), rapat Badan Musyawarah (Bamus) dan lainnya.
    Menurut catatan Sumut Pos, anggota dewan yang hadir berdasarkan fraksinya, PDIP 4 orang, Gerindra dan PKS 3 orang, Partai Golkar, Demokrat, PAN, PKPI dan PPP masing-masing 2 orang (lihat grafis, red). 
    Karena minimnya kehadiran anggota dewan, rapat pembahasan LKPj terpaksa molor hingga pukul 11.00 WIB. Sebab, awalnya hanya hadir tak sampai 10 anggota dewan. Namun demikian, tak berapa lama rapat yang dihadiri juga oleh sejumlah unsur organisasi perangkat daerah Pemko Medan akhirnya dimulai setelah satu persatu berdatangan. Rapat itu sendiri digelar secara tertutup.
    Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga mengaku, sebenarnya tingkat kehadiran anggota dewan itu aktif semua. Akan tetapi, karena ada kesibukan yang tidak bisa ditunda sehingga ada yang terlambat dan tidak bisa hadir. 

    Misalnya, ada keluarga yang kemalangan maka harus datang untuk melayat dan lain sebagainya. “Saya yakin tingkat kehadiran kawan-kawan anggota dewan itu sekitar 85 persen pada hari pertama masuk setelah libur lebaran,” ujarnya ketika diwawancarai.
    Disinggung kehadiran anggota dewan yang minim dikarenakan sebagian besar tak terpilih lagi pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, Ihwan membantah. Menurut politisi Partai Gerindra ini, rekan-rekannya sesama legislator di DPRD Medan profesional. “Enggak ada itu pengaruhnya lolos atau tidak, kawan-kawan anggota dewan profesional dan sudah diamanahkan sebagai wakil rakyat. Jadi, kemungkinan yang tidak hadir saya yakin mereka ada menyelesaikan tugas di luar,” tandasnya.
    Di sisi lain, berbeda dengan anggota dewan, tingkat kehadiran aparatur sipil negara (ASN) di Sekretariat DPRD Medan tak mencapai 100 persen. Terdapat ASN yang tidak hadir pasca hari libur lebaran.
    Sekretaris DPRD Medan, Abdul Aziz mengakui tingkat kehadiran ASN Sekretariat DPRD Medan tidak 100 persen. Persentase kehadirannya mencapai 99 persen dari jumlah 60 orang. “ASN yang hadir 99 persen, hanya 1 orang yang tidak hadir. Itu pun karena izin ada keluarganya yang kemalangan, bukan bolos,” ujarnya.
    Menurut Aziz, tingkat kehadiran ASN Sekretariat DPRD Medan usai libur lebaran tahun ini tak berbeda jauh dengan tahun 2018. Sebab, pada tahun lalu juga 1 orang tidak hadir. “Tahun lalu (2018) juga 1 orang tidak hadir tanpa keterangan,” tukasnya.
    Begitupun dengan para wakil rakyat yang duduk di DPRD Sumut. Gedung dewan masih terlihat lengang, meski menurut masing-masing pimpinan fraksi, tingkat kehadiran mereka sudah mulai normal kembali. 
    Pantauan Sumut Pos dari fraksi ke fraksi dan dari komisi ke komisi, pada pukul 11.00 WIB, masih terlihat sangat sedikit anggota DPRD Sumut yang hadir. Namun sejak pukul 13.00 Wib, anggota DPRD Sumut pun mulai berdatangan ke gedung wakil rakyat yang berada di Jalan Imam Bonjol Medan tersebut.
    Ditanyai mengenai hal itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman yang ditemui di ruang kerjanya lantai 2 gedung DPRD Sumut, menyebutkan bahwa kehadiran anggota DPRD Sumut pada hari itu sudah kembali normal. Pasalnya, ada sejumlah kegiatan yang telah dijadwalkan pada hari itu.
    “Hari ini teman-teman anggota DPRD Sumut kita yakini akan banyak yang hadir, tapi mungkin agak siang karena agendanya juga begitu. Tetapi untuk lebih pastinya silakan ditanyakan ke fraksi masing-masing,” ucap Wagirin Arman kepada Sumut Pos, Senin (10/6).


    Pernyataan Wagirin ini diamini Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumut, Baskami Ginting. Menurutnya, sebagian besar anggota DPRD dari fraksinya hadir pada hari itu. “Saya hadir, teman-teman juga sudah mulai hadir. Kalaupun nantinya ada yang tidak hadir akan kami tanyakan alasannya,” ucap Baskami. (sp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini