KPU Beri Santunan Rp36 Juta ke Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal - Indometro Media

Berita Terbaru

Friday, May 3, 2019

KPU Beri Santunan Rp36 Juta ke Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal

Baca Juga

Ketua KPU Arief Budiman saat memberikan santunan kepada keluarga KPPS.
Ketua KPU Arief Budiman saat memberikan santunan kepada keluarga KPPS.
INDOMETRO.IDKomisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan santunan senilai Rp36 juta kepada keluarga petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS yang wafat saat menyelenggarakan Pemilu 2019. 
Menurut Ketua KPU Arief Budiman, santunan diserahkan secara langsung secara simbolis terhadap keluarga dua petugas KPPS di Jakarta Barat, dan dua keluarga di Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Di Jakarta Barat, santunan diberikan kepada keluarga Umar Madi, ketua Tempat Pemungutan Suara (TPS) 068 di wilayah itu. 
"KPU tidak bisa mendatangi langsung satu per satu semuanya, tetapi secara simbolis hari ini kami menyerahkan kepada empat keluarga yang menerima," ujar Arief di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat, 3 Mei 2019.
Arief menyampaikan, KPU mula-mula melakukan verifikasi terhadap kebenaran almarhum menjadi penyelenggara pemilu, juga memiliki ahli waris yang sah, melalui pemerintah wilayah setempat. "Kami mengonfirmasi ke bu lurah, kami menanyakan siapa ahli warisnya, kami mengonfirmasi kepada keluarganya, ini betul enggak keluarganya dan seterusnya," ujar Arief.
Selanjutnya, KPU akan memberi santunan melalui mekanisme transfer ke seluruh keluarga petugas KPPS yang wafat, juga petugas KPPS yang menderita sakit. 
Jumlah terakhir petugas KPPS yang wafat tercatat 382 orang. Sementara itu, petugas yang sakit mencapai 3.538 orang. "Untuk yang berikutnya, untuk mempercepat, mempermudah prosesnya, kami akan memberikan langsung melalui rekening," tutur Arief.(vv)

No comments:

Post a Comment