-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Gempa Tektonik M 4.7 Guncang Pulau Nias

    redaksi
    Sabtu, 01 Juni 2019, Juni 01, 2019 WIB Last Updated 2019-06-01T02:06:47Z

    Ads:

    Ilustrasi Gempa
    MEDAN,INDOMETRO.ID Gempabumi tektonik berkekuatan magnitufo 4,7, mengguncang wilayah Gunung Sitoli, Nias dan Nias Barat, Jumat (31/5/2019) pukul 21:06:3 WIB.
    Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M= 4,7 terletak pada koordinat 1.16 LU dan 97.23 BT, atau berlokasi di laut, 26 km Barat Daya Lahewa, Nias Utara – SUMUT pada kedalaman 20 km.
    “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera,”kataKepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, S.Si, M.Si, dalam rilisnya yang diterima Sumut Pos, Jumat.
    Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.
    Guncangan gempabumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Gunungsitoli, Kab. Nias Barat, Kab. Nias (SUMUT) II – III MMI.
    “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” lanjutnya.
    Hingga pukul 21.32 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 3.4. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
    “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” tutupnya. (sp)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini