Jejak Petualangan, Chicco Jeriko Menghadiri Upacara Adat "GREN MAHE" Di Kringa Sikka NTT - Indometro Media

Berita Terbaru

Monday, December 3, 2018

Jejak Petualangan, Chicco Jeriko Menghadiri Upacara Adat "GREN MAHE" Di Kringa Sikka NTT

Baca Juga

Foto

INDOMETRO.IDNTT adalah daerah yang cukup menarik untuk dijelajahi dalam hal pariwisata dan budaya. 

Salah satunya adalah upacara adat "Gren Mahe" yang terdapat di daerah Timur Kabupaten Sikka, Flores NTT tepatnya di Desa Kringa ( Mahe) tempat ritual) pada 02/12/2018, dihadiri oleh semua suku dan lapisan masyarakat di Desa kringa serta tamu yang datang dari luar daerah. 

"Gren Mahe" sendiri adalah sebuah ritual adat syukuran etnis "Tana Ai" salah satu dari 5 etnis yang ada di Kabupaten Sikka. Ritual adat ini berawal dari tahun 1800-an. 


Dalam ritual ini, selain memberi kurban kami juga melantukan doa dan meminta restu dan pertolongan kepada Ama Lero Wulan( Tuhan pencipta), Ina Nian Tanah ( Bumi dan Alam semesta) serta Leluhur agar memberi kami kehidupan dan perlindungan.

BACA JUGA:



Terang Silvanus Oswance tokoh muda yang berperan aktif dalam kegiatan ini. Tim Jejak Petualangan Trans7 saat itu sedang melakukan peliputan, Chicco Jerikhopun terlihat sangat antusias dalam mengikuti tata pelaksanaan ritual tersebut. 

Warga setempat sangat senang dan berterima kasih karena dengan ada program Jejak Petualangan ini ritual adat ini dapat diketahui oleh khalayak banyak.

Budaya adalah jati diri kita maka kami berharap momen berharga ini dapat membawa dampak positif pada perkembangan budaya dan kehidupan generasi mendatang, Kata Silvanus. 


Melalui Instagram Chicco Jerikho mengunggah sebuah foto saat berpose bersama warga dan Ia menyampaikan Terimakasih yang tak terhingga untuk masyarakat Desa Kringa, Sikka, NTT untuk sambutan hangatnya dan untuk pengelaman mengikuti upacara adat "Gren Mahe". (Atten Liwu)

No comments:

Post a Comment