TNI Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso Bantu Korban Gempa Lombok - Indometro Media

Berita Terbaru

Sunday, August 5, 2018

TNI Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso Bantu Korban Gempa Lombok

Baca Juga

TNI Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso Bantu Korban Gempa Lombok
foto
 INDOMETRO.ID- Kapal rumah sakit KRI dr Soeharso (990) dikirim ke wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, pasca gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter, Minggu (5/8).


 Dikirimnya KRI dr Soeharso (990) merupakan instruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk membantu korban dampak gempa yang mengguncang pada pukul 18.46 WITA.

Selain, KRI dr. Soeharso (990), TNI juga mengerahkan batalion kesehatan dari Batalion Kesehatan 1/Kostrad dan Batalion Kesehatan 2/Marinir. Seluruh pasukan batalion kesehatan tersebut akan diberangkatkan menggunakan pesawat angkut Hercules C-130 TNI Angkatan Udara pada Senin pagi (6/8).

"Mereka membawa seluruh perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda lapangan, dapur lapangan dan lainnya," kata Hadi seperti diberitakan Antara, Minggu (5/8).

Hadi juga telah menginstruksikan aparat kewilayahan untuk membantu penanganan korban pasca gempa dengan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"TNI dan saya pribadi menyampaikan duka mendalam kepada korban dan keluarga korban atas musibah yang terjadi," demikian Hadi.

Diketahui pusat gempa terletak pada 8.3 lintang selatan, 116.48 bujur timur Kabupaten Lombok Utara dengan kedalaman 15 kilometer. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami namun secara resmi dicabut pada pukul 21.25 WITA. (rm)

No comments:

Post a Comment