-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Dua Daerah di Aceh Terima Penghargaan dari BPKP, Salah satunya Pj Bupati Bener Meriah

    Yan Hasmadi
    Kamis, 25 April 2024, April 25, 2024 WIB Last Updated 2024-04-25T09:34:52Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Banda Aceh,Indometro.id - 

    Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si menerima penghargaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3 dalam Empat Indikator dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh, Rabu (24/4/2024). 

    Penghargaan tersebut, diserahkan Pj Gubernur Aceh diwakili oleh Pj Sekretaris Sekda Aceh, Azwardi, AP, M.Si kepada Pemda Bener Meriah dan Pemko Banda Aceh dalam kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Pengawasan se-Aceh di Ballroom Hemes Palace Hotel Banda Aceh.

    Disaksikan langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Irjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si, Kabupaten Bener Meriah, didaulat sebagai daerah terbaik dalam penerapan pengawasan intern pemerintah dalam 4 indikator.

    Empat indikator tersebut, terdiri dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Aparat Pengawasan Pemerintah, Manajemen Resiko Indeks dan Indeks Efektifitas Pengendalian Korupsi yang seluruhnya berada dalam Level 3.

    Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir dalam arahannya menyampaikan bahwa Inspektorat sebagai pihak pengawas dalam pemerintahan harus berperan maksimal. Sebagai tulang punggung pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di daerah Aparat Pengawas Intern Pemrintah (APIP) harus berpedoman pada aturan dan regulasi yang berlaku.

    "Inspektorat atau APIP sebagai tulang punggung dan garda terdepan dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah harus bekerja maksimal, karena kalau terjadi OTT atau penyimpangan, maka yang salah sebenarnya adalah pengawasnya," ucap Irjen Tomsi Tohir pagi itu.

    Lebih lanjut disebutkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan, APIP memang harus mengedepankan adat istiadat, kebiasaan dan budaya yang ada. “Namun dalam kewajibannya tetap harus berperan dengan norma dan nilai-nilai regulasi yang ada," ujarnya.

    Rakor Teknis Pengawasan yang di gelar dengan tema " Sinergitas Pengawasan yang Inklusif untuk Mewujudkan Pembangunan Aceh yang Berkualitas" dibuka langsung oleh Pj Sekda Aceh, Azwardi, meskipun sebelumnya sempat dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh di lokasi tersebut.

    Usai menerima piagam penghargaan Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh jajaran OPD yang telah mendukung penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Bener Meriah.

    "Hari ini ada 4 prestasi untuk Bener Meriah yang diberikan penghargaan oleh Perwakilan BPKP Aceh. Ini bisa kita capai tentu berkat dukungan dan kolaborasi kita semua. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Forkopimda dan jajaran Pemda, khususnya kepada Inspektorat Kabupaten Bener Meriah," ucap Haili Yoga.

    Selain melibatkan pejabat dari Kemendagri dan KPK-RI, acara yang di inisiasi oleh Inspektorat Aceh itu juga tampak dihadiri oleh seluruh bupati dan alikota se-Aceh, Inspektur Kabupaten-kota se- Aceh, Kepala DJKN Provinsi Aceh dan Kepala KPKNL Banda Aceh. (Hd).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini