-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bhoga Sevanam, Implementasi Toleransi Umat Hindu Kota Depok

    Idewa Adiyadnya
    Selasa, 09 April 2024, April 09, 2024 WIB Last Updated 2024-04-09T14:13:16Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Umat Hindu pengempon Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Korps Brimob Kelapa Dua Depok menggelar Bhoga Sevanam 

    Jakarta, Indometro.id-

    Pengurus dan Umat Hindu pengempon Pura Dalem Prajapati Purna Pralina “Korps Brimob” Kelapa Dua Depok menggelar Aksi Sosial Kepedulian kepada sesama yang menggugah rasa persaudaraan, kemanusiaan, toleransi dan kebangsaan, bahwa sesungguhnya semua umat manusia bersaudara “Vaisudeva Kuthumbakam”. Kegiatan ini dinamakan “Bhoga Sevanam”, konsentrasi kegiatannya tersebar di 17 Pura Sejabodetabek serta Pura atau wilayah sekitar Pura di berbagai provinsi seluruh Indonesia, pada Minggu, 07/04/2024.

     

    Kegiatan yang berlangsung pada pukul 17.00 sd 18.00 di depan Pura Dalem Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua dan Pura di seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan turun ke jalan bertemu dan menyapa serta berbagi makanan dan minuman kepada sesama, terutama kepada saudara- saudara Umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, waktu yang tepat menjelang berbuka puasa yang melintas di depan Pura Kelapa Dua Depok.


    Dalam keterangan tertulis dari Ketua Banjar Purna Widya yaitu I Nyoman Gde Agus Asrama yang sekaligus sebagai ketua pengempon Pura Kelapa Dua menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi ajaran agama Hindu, yaitu Yadnya atau pengorbanan dengan memberi serta berbagi dengan tulus ikhlas kepada siapapun yang membutuhkan.

    BACA JUGA: dr. Djoti Atmodjo Nakhodai DPD KITA IHC DKI Jakarta 2024-2027



    Merupakan tindakan yang mulia saat berbagi makanan untuk berbuka kepada saudara kita yang sedang kurang beruntung, terhambat waktu ataupun yang sedang melintas di depan Pura”, ujarnya.


    I Nyoman Gde Agus Asrama menambahkan informasinya bahwa Bhoga Sevanam ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Suci Nyepi dan Dharma Santi Nasional Tahun 2024, dilaksanakan oleh Panitia Nasional Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946.


    Kegiatan ini dilaksanakan dalam lingkup nasional yang didukung oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar Purna Widya selaku umat Hindu pengempon Pura Kelapa Dua Depok, dan juga bersama beberapa umat Hindu dari Pura di seluruh Indonesia dengan melibatkan unsur Pemuda dan Remaja, serta dukungan penuh oleh seluruh Ormas Hindu tingkat nasional”, sambungnya.

    BACA JUGA: KOMPAK! Dewan Pengurus Nasional KITA IHC Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan

    Asrama menjelaskan bahwa komponen umat Hindu Pura Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua Depok yang mendukung aksi sosial kemanusiaan ini meliputi unsur: Pinandita, Pasraman, para Ketua Otorita Pura, para ketua Tempek dan warga Banjar Purna Widya umat Hindu Pura “Korps Brimob” Kelapa Dua.


    Makanan berbuka puasa yang dibagikan berupa nasi kotak sebanyak 382 kotak, 350 takjil dan air mineral. “Semua ini merupakan hasil gotong royong sumbangan atau punia dari umat Hindu Pura”, pungkasnya.


    Dalam kesempatan Aksi Bhoga Sevanam tersebut, Ketua Umum Pengurus Harian PHDI Pusat Mayjen TNI Purn Wisnu Bawa Tenaya yang didampingi oleh Ketua Umum Panitia Nasional Nyepi, Brigjen TNI I Ketut Pastia menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Para Pimpinan Umat, Organisasi Masyarakat Hindu serta seluruh Komponen Banjar, Suka Duka maupun Pengempon Pura yang telah bekerja sama dan bekerja keras dalam mensukseskan Aksi Sosial Kemanusiaan Bhoga Sevanam ini.

    BACA JUGA: Panitia Nyepi Nasional Bersama Yapindu Gelar Baksos Peduli Anak Yatim Piatu

    Wisnu Bawa Tenaya yang juga merupakan unsur pimpinan Dewan Pengarah pada Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini mengharapkan agar kegiatan yang sangat baik dan bermanfaat ini pada tahun berikutnya dapat dilaksanakan dengan lebih luas. Lebih bermanfaat dan bermakna sampai ke pelosok.


    Kegiatan melayani, berbagi, berkorban secara tulus ikhlas sangat dianjurkan kepada sesama sebagai wujud toleransi, serta merawat kebhinekaan untuk memperkuat rasa kebangsaan kita”, tutupnya.

    (Dewa)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini