-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pergantian Direktur BUMDES Batu Barumah Maju di Desa JSAP.

    Jefrilimb82
    Selasa, 19 Maret 2024, Maret 19, 2024 WIB Last Updated 2024-03-19T11:12:48Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     



    Indometro.id - Bengkayang

    BUMDES  ( Badan Usaha Milik Desa ) Batu Barumah Maju ada di desa JSAP, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang. BUMDES ini sudah berjalan kurang lebih 1 tahun dan sudah menghasilkan PAD bagi desa JSAP. Adapun usaha BUMDES  Batu Barumah Maju saat ini yaitu penjualan gas elpiji yang resmi.


    Direktur BUMDES BBM dijabat oleh Bapak Sartomo. Berjalan waktu kurang lebih 1 tahun, Bapak Sartomo mengundurkan diri sebagai Direktur.


    Pada  tanggal 16 Maret 2024, pukul 10.00 - selesai di Kantor desa JSAP, dilaksanakan serah terima jabatan Direktur BUMDES BBM. Dari direktur yang lama kepada direktur yang baru  ( Bpk. Aryanto ).


    Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua BPD, Camat Ledo yang diwakili Kasipem , kades dan segenap perangkat desa, direktur yang lama dan direktur BUMDES BBM yang baru serta awak media ini. 




    Ketua BPD desa JSAP ( BPK. Asmadi ) Pada sambutannya bertanya kepada Direktur lama, apa yang menjadi alasan kenapa Bapak Sartomo mengundurkan diri sebagai Direktur BUMDES BBM ?


    Lalu Sartomo menjawab " Alasan Saya mengundurkan diri sebagai direktur karna kesibukan atau waktu rasanya tidak sempat mengurus BUMDES dikarenakan saya juga punya usaha saya sendiri. Dan ini sudah saya pikir matang matang dan Tampa ada unsur pemaksaan.


    Lanjut Asmadi mengatakan. Sekiranya bapak Sartomo berkenan bertahan dulu selama satu tahun sambil mendampingi calon direktur yang baru. Tetapi kalau memang tetap ditolak, apa boleh buat. 




    Pada prinsipnya Kepengurusan BUMDES ini kami pihak BPD dan Pemerintahan desa ikut bertanggung jawab. Masyarakat JSAP nanti nya pasti bertanya tanya kepada kami " kenapa direktur BUMDES selalu berganti ganti? "


    " Jadi pada intinya kami tidak niat atau berkeinginan apa lagi mendukung pergantian Direktur sebelum SK direktur BUMDES berakhir. Pungkas Ketua BPD JSAP.


    Kepala Desa JSAP ( Albertus ) menjelaskan sedikit terkait pergantian Direktur BUMDES . Awal melalui pesan WA sebelum masuk tahun 2024 Sartomo menyampaikan niatnya mengundurkan diri sebagai direktur BUMDES. Saya masih menyarankan agar tetap bertahan.


    " Ada beberapa kali pak Sartomo menyampaikan pengunduran diri kepada saya melalui pesan WA. Selanjutnya saya. Proses berjalan waktu sambil berkordinasi dengan perintis BUMDES , akhirnya menemukan pengganti pak Sartomo yaitu bapak Aryanto dan beliaupun bersedia menggantikan Sartomo sebagai direktur BUMDES BBM. Jelas Albertus 


    " Perlu disampaikan bahwa saya sebagai kepala desa tidak ada niat untuk menggantikan direktur BUMDES . Kades tidak bisa mencampuri lebih dalam BUMDES, baik itu tentang kepengurusan, Dana, dan lain lain. Hal ini memang niat yang kuat dan ketulusan pak Sartomo mengundurkan diri sebagai direktur dan menyiapkan berkas berkas yang dibutuhkan sebagai syarat menjadi direktur BUMDES. Pungkas pak kades.


    Selanjutnya camat Ledo yang diwakili oleh kasipem mengatakan bahwa sebenarnya ganti ganti direktur BUMDES itu kurang baik.karna setiap pergantian Direktur pastinya akan mulai dari nol lagi. Jadi kalau seperti itu kapan majunya BUMDES.


    " Kali ini saya mendengar langsung bahwa direktur BUMDES sendiri yang memang berniat untuk mengundurkan diri. Harapannya kedepan tidak ada lagi ganti ganti pengurus BUMDES. Dan semoga kedepan BUMDES BBM bisa bekerja sama dengan perusahaan yang ada di desa JSAP dan terwujud BUMDES BBM yang maju. Ucap ibu kasipem.


    Bapak Aryanto sebagai direktur BUMDES yang baru menyampaikan kesiapannya sebagai direktur.

    " Saya dan pak sujan adalah Diah orang yang turut menggerakan awal BUMDES ini berdiri. Saya sampai mengitu pelatihan terkait BUMDES. Jadi dari pada BUMDES ini gonjang ganjing, siapa tidak siap saya harus siap.


    "  Kedepan saya minta kerja sama dari berbagai pihak, baik itu dari pihak desa. Karna kedepan saya mau menambah  satu Yunit usaha di BUMDES ini. Yunit usaha itu ada lah jual beli buah sawit. Teknisnya kerja sama dengan poktan ( Kelompok petani ) dan agen pupuk. Jadi kedepannya petani boleh kredit pupuk  kepada BUMDES dengan sintim pemyaran buah sawit petani dijual ke BUMDES. Pungkas pak Aryanto.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini