-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Besok! 300 Orang Relawan Terjun ke Pantai Kawasan Ekowisata Jembatan Cinta

    Idewa Adiyadnya
    Jumat, 01 Maret 2024, Maret 01, 2024 WIB Last Updated 2024-04-01T08:02:30Z

    Ads:

    Umat Hindu yaitu relawan yang ikut menyiapkan sarana-prasana untuk aksi bersih-bersih pantai (makerthi hayuning segara)


    Jakarta. indometro.id-

    Panitia Nyepi Nasional bersama Panitia Nyepi Banjar Bekasi Saka 1946 Tahun 2024 akan mengerahkan sekitar 300 orang relawan untuk aksi bersih-bersih pantai (makerthi hayuning segara) di Pantai Kawasan Ekowisata Jembatan Cinta, hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024 besok.

    Kegiatan ini dilakukan serangkaian dengan Umat Hindu menjalankan prosesi  melasti, tawur agung, dan Hari Raya Nyepi.

    Makerti Hayuning segara sebagai bentuk umat mencintai, merawat, dan melestarikan alam. Laut salah satunya merupakan sumber kehidupan bagi ekosistem yang perlu dijaga.

    Gede (40 tahun) yaitu salah seorang Umat Hindu di Bekasi saat ditemui wartawan indometro.id hari ini (01/03/2024) terlihat sibuk mengecek  persiapan alat-alat yang akan dibawa ke lokasi acara.

    Relawan (pengayah) merangkai  bambu  untuk membuat klakat dan sanggah bambu.


    Beberapa perlengkapan yang terlihat ditata oleh  diantaranya adalah alat pemotong rumput, kain warna-warni, sanggah bambu, anyaman janur, dan buah kelapa.

    Gede mengatakan semua perlengkangkapan ini akan diangkut besok pagi (02/03/2024), dengan menggunakan truk yang disiapkan panitia.

    “Buah kelapa, hiasan janur, dan sanggah bambu (sanggah surya) ini untuk mendirikan dua buah penjor di lokasi acara melasti”, ujar Gede.

    Gede menambahkan bahwa selain mendirikan penjor, relawan atau pengayah juga akan menghias pantai di Desa Segara Jaya dengan memasang umbul-umbul, pajeng (payung hias), dan kain hias pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

    Relawan (pengayah) menyiapkan berbagai macam sarana-prasarana upacara pendukung kegiatan makerthi hayuning segara serta prosesi tawur agung kesanga

    “Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam giat makerthi hayuning segara di pantai besok pagi, oleh panitia acara telah dihimbau agar membawa selop tangan, sapu lidi, kantong sampah, dan perlengkapan sejenis”, sambung Gede.

    Giat aksi bersih-bersih pantai besok pagi, berdasarkan informasi dari pesan Whatsapp yang beredar, adalah juga merupakan salah satu agenda kegiatan Panitia Nyepi Nasional 2024.

    (Dewa / Idewa Adiyadnya )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini