-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Panitia Nyepi 2024: Bersemangat Ngayah Gotong Royong Sambut Tahun Baru Saka 1946

    Idewa Adiyadnya
    Kamis, 29 Februari 2024, Februari 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-01T05:06:23Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Ibu-ibu Serati Banten dan Umat Hindu melaksanakan giat ngayah di Pura Agung Tirta Bhuana. (29/02/2024)

    Jakarta. indometro.id-

    Bertempat di Pura Agung Tirta Bhuana, Pantia Nyepi Banjar Bekasi Tahun 2024 bersama puluhan umat Hindu menggelar kegiatan gotong-royong pada hari ini, Kamis 29 Februari 2024.


    Gotong-royong oleh umat Hindu Bali biasanya disebut dengan istilah ngayah. Ngayah dalam rangka melanjutkan giat persiapan dua agenda penting serangkaian prosesi Nyepi Tahun Baru Saka 2014. Yaitu upacara segara kertih dan upacara mecaru.


    Ketua PHDI Kota Bekasi, Ketua Panitia Nyepi Banjar Bekasi dan Umat Hindu melaksanakan giat Ngayah di Pura Agung Tirta Bhuana. (29/02/2024)

    Kedua upacara tersebut dijadwalkan akan dilangsungkan pada akhir pekan ini di Pantai kawasan Ekowisata Jembatan Cinta Desa Segara Jaya Kecamatan Taruma Jaya Kabupaten Bekasi.


    Segara kertih dalam ajaran Tri Kaya Parisudha mengusung pentingnya kesucian dalam pikiran, perkataan, dan tindakan. Dalam konteks ini, yang dilakukan oleh Umat Hindu di Bekasi dan sekitaran Jakarta adalah melakukan aksi kerja bakti bersih-bersih pantai (laut).


    Seni merangkai janur oleh Ibu-Ibu yang melaksanakan giat Ngayah di Pura Agung Tirta Bhuana. (29/02/2024)

    Bersih-bersih pantai (laut) adalah sebuah tindakan nyata untuk merawat dan menjaga kebersihan alam khususnya ekosistem laut. Dalam ajaran Hindu, alam dianggap suci dan dihormati sebagai manifestasi Tuhan.


    Dengan membersihkan dan merawatnya, seseorang menghormati dan merawat salah satu aspek dari alam bhuana agung ini. Segara kertih tidak hanya menjaga kebersihan fisik lingkungan pantai (laut) saja, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi semua makhluk hidup secara spiritual.


    Giat ngayah oleh bapak-bapak  Umat Hindu di Pura Agung Tirta Bhuna. (29/02/2024)

    Agenda kedua mecaru diagendakan setelah bakti sosial bersih-bersih pantai. Mencaru adalah upacara dalam tradisi Hindu di Bali yang dilakukan untuk membersihkan alam bhuana agung maupun bhuana alit dari segala energi negatif.


    Dilaporkan oleh wartawan indometro.id, terlihat hadir Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Bekasi yaitu Letkol Purn. I Gusti Made Rudita. Bersama dengan bapak-bapak dan ibu-ibu Umat Hindu dengan guyub rukun bahagia serta diiringi gelak tawa melaksanakan giat ngayah di Pura Agung Tirta Bhuana.


    Ketua Panitia Nyepi Banjar Bekasi Tahun 2024 yaitu I Wayan Supriaharta mengatakan bahwa giat ngayah umum ini merupakan persiapan penting bagi Umat Hindu di Bekasi dalam rangkaian melasti, tawur agung kesanga, dan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946.

    (Dewa)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini