-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Mewujudkan Masyarakat Digital Tangguh, Dosen UAD Inisiasi Kegiatan Literasi Anti Hoaks di Padukuhan Kedunggupit

    Sabtu, 24 Februari 2024, Februari 24, 2024 WIB Last Updated 2024-02-24T05:28:42Z

    Ads:



    KULON PROGO (D.I. YOGYAKARTA), INDOMETRO.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  Yogyakarta Bidang Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggelar kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Padukuhan Kedunggupit, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada hari Kamis 15 Februari 2024. Acara berlangsung di aula padukuhan dengan dihadiri oleh warga Dusun Kedunggupit dan mahasiswa KKN UAD.


    Kegiatan yang diharapkan dapat mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan media digital ini, menghadirkan Dosen UAD Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Trisna Sukmayadi, M.Pd. sebagai narasumber yang memberikan materi tentang peran literasi digital dalam menangkal hoaks kepada warga Dusun Kedunggupit.


    "Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya hoaks, memperkuat kemampuan analisis, dan mendorong etika digital dan tanggung jawab online," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu 24 Februari 2024.


    "Dengan cara memberikan pengetahuan tentang sumber informasi yang terpercaya, membangun keterampilan menggunakan teknologi secara aman dan menggalakkan keterlibatan masyarakat dalam pemberantasan hoaks," imbuh Trisna.


    Tujuan utama kegiatan ini, menurut Trisna, adalah agar masyarakat Pedukuhan Kedunggupit dapat menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab dalam menggunakan dan menyebarkan informasi di era digital.


    "Hal ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif dari penyebaran hoaks di masyarakat," ungkapnya.


    Lebih lanjut, Trisna menjelaskan, literasi digital sangat penting di era ini, sebab dengan pemahaman yang baik tentang teknologi dan informasi, masyarakat dapat lebih bertanggung jawab dan waspada terhadap berita palsu.


    “Kami turut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mendukung peningkatan literasi digital masyarakat Pedukuhan Kedunggupit. Harapannya, masyarakat bisa lebih bijak dalam mengakses dan menyebarkan informasi di dunia maya,” kata Ketua Kelompok Unit XX.B.1 KKN UAD, Ahmad Syafiq Muharrom menambahkan.


    Rismanto selaku Kepala Dusun Kedunggupit menyambut baik kegiatan ini, dia berharap acara ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada warga kami tentang bahaya hoaks dan cara mengidentifikasinya.***

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini