-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kapolres Banyuasin Pimpin Apel Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan

    Joni Karbot
    Kamis, 17 Agustus 2023, Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-08-17T03:28:31Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Banyuasin, indometro.id- Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, pimpin Apel kehormatan Renungan Suci dalam rangka mengenang jasa pahlawan yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berlokasi di jalan lingkar Kelurahan Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Rabu (16/8) malam.

    Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI ke-78 tahun 2023 Kabupaten Banyuasin dihadiri Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono SH, Dandim 0430/Banyuasin Letkol Letkol Inf Roni Sugiarto, dan Instansi terkait.

    Dengan diterangi cahaya obor di kanan dan kiri, tepat pukul 00.00 WIB, Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK membaca naskah apel kehormatan dan renungan suci tersebut.

    Adapun isi lengkap naskah tersebut yakni Kami yang hadir pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2023, pukul 00.00 WIB untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 31 orang, pejuang rakyat 14 orang dan pahlawan tak dikenal 1 orang.

    Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian bangsa dan negara.

    Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat yang sewajarnya.

    Acara dimulai dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Dilanjutkan dengan memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan. Kemudian pembacaan teks apel kehormatan serta diakhiri dengan renungan suci oleh Inspektur Upacara.


    Kapolres Banyuasin AkBP Ferly Rosa Putra SIK mengatakan, bahwa Upacara digelar setiap malam 17 Agustus ini dimulai tepat pada pukul 00.00 WIB. Prosesi itu berisi pengucapan naskah kehormatan dari inspektur upacara.

    "Pelaksanaan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci ini terasa sakral mengingat kegiatannya dilangsungkan di tengah kegelapan dan hanya diterangi obor," ucap Kapolres.

    Pada saat Renungan Suci berlangsung, seluruh cahaya lampu dimatikan dan diganti dengan penyalaan obor dan lilin di pusara makam para pahlawan yang ada di TMP setempat.

    Acara berlangsung dengan khidmat saat mengheningkan cipta. Selanjutnya kegiatan upacara ditutup dengan pembacaan doa, penghormatan kepada arwah pahlawan. Kemudian dilanjutkan dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara sekaligus penandatangan buku tamu.

    Sebelum upacara berlangsung, para pejabat maupun para peserta upacara yang akan memasuki area TMP terlebih dahulu memberi penghormatan kepada para pahlawan, begitu pula ketika saat beranjak meninggalkan lokasi Taman Makam Pahlawan.

    Humas Polres Banyuasin.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini