-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA di Kabupaten Lumajang

    Sabtu, 26 Agustus 2023, Agustus 26, 2023 WIB Last Updated 2023-08-26T04:22:13Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Lumajang,indometro.id.Sabtu,26/8/2023.Balai Pusat Guru Penggerak Kabupaten Batu Malang bekerja sama dengan anggota DPR RI dari fraksi Golkar Purnomosidi  menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka , kegiatan ini dilaksanakan selama  3 hari, mulai dari hari Rabu-Jumat 23-25 Agustus 2023 di Hall Hotel Prima,Jalan Sukarno Hatta Lumajang Jawa Timur.

    Kasubpokja Humas dan Kemitraan BBGP Jawa Timur Akhmadi,S.Pd.MM mengatakan Intinya "Kami membantu guru-guru untuk mengimpkementasi kurikulum merdeka,agar nanti guru-guru faham tentang kurikulum merdeka dan bisa melaksanakan dengan bersama dengan sekolah.Pelatihan ini di laksanakan mulai dari jenjang SD,SMP,SMA,SMK .Ada 3 jenjang  SD kelas sendiri,SMP kelas sendiri, adapun SMA dan SMK kita gabung.MI dan Madrasah walaupun beda kementrian, kerjasama bisa kita laksanakan,"ungkap  Ahmadi .

     Harapan pemerintah ingin menstransfer pendidikan agar masing-masing memiliki  kemerdekaan untuk melaksanakan kurikulum tetapi tetap mengutamakan mutu peserta didik .

    "Menyiapkan generasi  emas di tahun 2045 .Mungkin ini belum sempurna,harapannya nanti terus menerus disempurnakan",ungkap Akhmadi. 

     "Tujuan pelaksanaan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka adalah : Mengacu pada model kompetensi Guru, Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka akan meningkatkan kompetensi. Pendidikan  pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

    Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Dunia pendidikan saat ini mengalami lonjakan perubahan yang sangat pesat. Guru harus mampu mengelola sumber daya yang ada untuk dapat mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekolah tersebut adalah sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak.


    Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan berdasarkan kebutuhan percepatan perbaikan pendidikan kearah yang lebih maju. Adapun keunggulan dari penerapan Kurikulum Merdeka ini adalah lebih relevan dan interaktif di mana pembelajaran melalui kegiatan projek akan memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual. Selain itu, satuan pendidikan dapat memilih tiga opsi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2023/2024, yaitu :

    a. Mandiri Belajar

    b. Mandiri Berubah

    c. Mandiri Berbagi  



    Pendidikan adalah salah satu tonggak upaya dalam memperjuangkan masa depan yang gemilang, marilah kita bersama bergerak sesuai kompetensi, bakat dan tanggung jawab kita sebagai pelaku pendidikan,ungkap Akhmadi .(D .S)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini