-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Gawat ! 9 Desa di Batang Siaga Kekeringan, Pemkab Batang Siapkan Langkah Antisipasi

    SATRIA WAHYU KUSUMA
    Senin, 03 Juli 2023, Juli 03, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T14:16:57Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Batang, indometro.id
    - Sejumlah wilayah di Batang berpotensi rawan kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang menyatakan telah menyiapkan langkah strategis untuk mencegah kekurangan air bersih pada saat memasuki musim kemarau dengan memetakan sejumlah wilayah rawan kekeringan.


    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan, bahwa kondisi cuaca saat ini memang masih sulit diprediksi, namun pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mengatasi kondisi kekeringan pada musim kemarau ini.


    "Langkah antisipasi bencana kekeringan ini sangat penting karena potensi dampaknya adalah wilayah terdampak akan mengalami kekurangan air bersih, lahan pertanian mengering, serta kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan rumah," ungkapnya, kemarin.

     

    Saat ini pihaknya terus melakukan monitoring di sejumlah wilayah rawan kekeringan serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Sosial, Polres Batang, Kodim 0736/Batang, dan Perusahaan Daerah Air Minum Sendang Kamulyan memetakan kelangkaan air bersih.

     

    "Hingga kini kami belum menerima informasi adanya permintaan masyarakat terhadap air bersih. Kami sudah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum Sendang Kamulyan untuk pengiriman air bersih apabila ada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

     

    Adapun disebutkan Azmi, sejumlah wilayah rawan kekeringan di Kabupaten Batang tersebar di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Bandar (Wonokerto, Wonodadi, Pesalakan, Tambahrejo) Banyuputih (Penundan) Blado (Keteleng), dan Subah (Kemiri Barat, Kemiri Timur, dan Jatisari).

     

    Ulul Azmi mengatakan, pemkab sudah menyiapkan armada truk tangki dan berkoordinasi dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Sendang Kamulyan untuk membantu pengadaan air bersih bagi wilayah yang mengalami kesulitan air bersih.

     

    BPBD, ditambahkan Ulul, akan mempersiapkan upaya penanganan bencana kekeringan itu, dengan menyiagakan truk tangki untuk melakukan droping air.

     

    Sementara itu Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum Sendang Kamulyan Yulianto mengatakan pihaknya melakukan penguatan debit sumber mata air guna mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat saat memasuki musim kemarau.
     
    "Kami harus siap menghadapi musim kemarau pada tahun ini. Oleh karena itu, kami sudah melakukan mitigasi karena setiap datang musim kemarau akan berdampak terjadinya penurunan debit air, meski tidak terlalu banyak," ujarnya. (Satria/Batang)

     

    Editor : Satria Wahyu Kusuma

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini