-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Ratusan Warga Tionghoa Rayakan Ulang Tahun Dewa Han Tan Kong Di Kelenteng Tio Hu Guan Shue

    Jumat, 05 Mei 2023, Mei 05, 2023 WIB Last Updated 2023-05-07T11:03:25Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Tanjung Balai,Indometro.id - 

    Peringatan ulang tahun kelenteng Tio hu Guan shue  yang berada di jalan cokroaminoto, Kelurahan Tanjung balai kota 2, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, sebagai ritual ulang tahun Dewa Han tang kong. (05/05/2023) 

    Acara dimulai pagi hari pukul 05.00 dengan Ritual Menyambut Thi kong yang dipimpin Suhu Sulianto/Ali , Ritual Menyambut Thi kong ini diawali dengan sembahyang, pembakaran hio dan persembahan kepada sang dewa. 

    Dari pantauan wartawan, sejak pagi,Ratusan Masyarakat Tionghoa memadati Kelenteng Tio hu Guan shue, Mereka datang bersama sanak keluarga, untuk melakukan ibadah sembahyang.



    Dalam acara ini di hadiri oleh Bakal Calon DPRD Kota Tanjungbalai TBS-TBU,Tomi satria AR dari Partai PDI perjuangan organ sayap taruna merah putih  Sejumlah umat Tionghoa ikut serta hadir dalam acara ulang tahun Kelenteng Tio hu Guan shue.



    Bapak Tomi satria AR berpesan agar seluruh warga Tanjungbalai, khususnya warga yang beragama Konghucu agar mampu menjaga ketenangan dan kejernihan dalam bertindak, sehingga tercipta suasana yang harmonis dan saling toleransi antara umat beragama.

    Tidak hanya umat setempat, umat dari luar kota seperti medan, kisaran,Simandulang,Jakarta juga tidak mau ketinggalan dalam acara tersebut.

    "Ada beberapa rangkaian kegiatan dan puncak pada acara ini, kita menggelar sembahyang Hiang Keng, doa bersama, kemudian pukul 16.15 Kwe Ho Kuan untuk keselamatan masyarakat tionghoa” kata Tong chiu, selaku pengurus kelenteng Tio hu Guan shue.

    "Doa kami panjatkan, agar masyarakat dapat diberikan berkah, rezeki, kesehatan dan terhindar dari wabah penyakit, serta mendoakan untuk kerukunan umat beragama" lanjutnya.

    Jimmy candra mengatakan ulang tahun Tio hu Guan shue sangat diyakini untuk meminta perlindungan dan kesehatan untuk sanak keluarga. 

    Puncak acara atau tanda berakhirnya Acara dilakukan Upacara mengantar Thi kong & dewa Han tang kong ke langit Dengan memukul tambur, sebagai tanda dimulainya upacara mengantar Dewa. Umat memegang hio dan ratusan orang terlihat membungkukkan badan.

    Setelah selesai upacara mengantar dewa Han Tan kong , umat dan masyarakat berkumpul dan makan bersama sebagai puji syukur dan untuk supaya mendapatkan berkah dari dewa Han tang kong.

    (Rudy)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini