-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pelatihan life skill Penting Untuk Meningkatkan Kompetensi Angkatan Kerja

    Sabtu, 27 Mei 2023, Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-28T02:51:25Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh




    Aceh Utara, indometro.id -

     Para Geuchik (Kepala Desa) di kecamatan Matangkuli akan memberangkatkan warganya (putra/i) ke luar daerah mengikuti pelatihan life skill.

    Ketua Forum Geuchik Matangkuli, Jumadi kepada media ini, Jum'at (26/5/2024) mengatakan, tujuan kegiatan pelatihan ini, untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan memiliki keterampilan atau keahlian untuk bisa berwirausaha dan bekerja.

    Adapun yang mendapat kesempatan dua orang setiap gampong (desa) di kecamatan Matangkuli untuk mengikuti pelatihan life skill. Program jurusan lift skill pria antara lain otomatis sepeda motor, mengelas (Besi biasa dan Stainless), Babershop (pangkas pria), Teknisi HP dan Teknisi AC. Sedangkan wanita meliputi menjahit, tata rias pengantin dan Tara rias kecantikan rambut.

    "Mereka mengikuti pelatihan selama 12 hari di Medan Sumatera Utara sesuai dengan bidang yang diikuti oleh peserta pelatihan. Biaya pelatihan ketrampilan (lift skill) dianggarkan bersumber dari desa desa Rp30 juta untuk dua peserta,"sebutnya.


    Dia menyebutkan,  dasar kegiatan ini sebagaimana tersebut dlm lampiran permendes no. 8 tahun 2022 Bab III huruf B. Sedangkan Permendes No. 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 pasal 6 ayat (2) huruf, yaitu Pemerintah Desa melaksanakan Peningkatan Kualitas Sumberdaya manusia warga desa.

    "Maka berdasarkan dasar hukum tersebut disusunlah Perbup Prioritas No. 1 tahun 2023 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 sejalan dengan permendes no. 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023,"jelas Jumadi 

    Terkait dengan Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas SDM Gampong, lanjut Jumadi bahwa dalam Pasal 8 Perbup No.1 Tahun 2023. Yaitu; Adapun Peningkatan Kapasitas yang ingin dilaksanakan saat ini oleh sejumlah Gampong dari beberapa kecamatan di Aceh Utara adalah, Pelatihan ketrampilan (Life skill) terhadap pemuda/pemudi putus sekolah atau pemuda/pemudi pengangguran (bukan Geuchik dan bukan perangkat desa).


    "Jadi pemberangkatan warga mengikuti pelatihan lift skill, agar pemuda dan pemudi desa memiliki ketrampilan untuk berkerja atau menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan bagi orang lain," tuturnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini