-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bener Meriah Miliki Tiga Lokasi Pembibitan Kopi Arabika Gayo Bersertifikat

    Yan Hasmadi
    Senin, 22 Mei 2023, Mei 22, 2023 WIB Last Updated 2023-05-22T12:18:22Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Redelong, indometro.id – Seiring dengan dilepasnya kopi Arabika Gayo 3 menjadi varietas unggul nasional oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI pertengahan Pebruari 2023 lalu, Kabupaten Bener Meriah telah memiliki tiga lokasi pembibitan yang memiliki sertifikat. 


    Kementan  RI melalui Surat Keputusan (SK) Nomor: 54/Kpts/KB.02/05/2023, menetapkan kebun sumber benih kopi arabika varietas Gayo 3 untuk Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Provinsi Aceh yang di Resmikan pada Selasa (9/04/2023) lalu. 


    Kepala Bidang Perkebunan dan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Bener Meriah, Irwansyah Putra, SP, M. Si,  Senin (22/5/2023), mengatakan benih merupakan salah satu faktor penting dalam proses budidaya tanaman kopi arabika Gayo. 


    “Tujuan dan manfaat sertifikasi benih, untuk menjaga kemurnian kopi arabika varietas Gayo 3.  Sertifikasi ini diperoleh dari kegiatan pemeriksaan atau verifikasi langsung ke lapangan oleh tim dari Kementan RI dan Dinas pertanian Aceh, melalui serangkaian mekanisme mulai dari pemeriksaan asal usul bibit dan kegiatan pemeliharaan mutu benih,” kata Irwansyah.


    Menurut Irwansyah, untuk Kabupaten Bener Meriah, terdapat tiga kebun sumber benih kopi arabika varietas Gayo 3 diantaranya milik  Jim Hazmin di Desa Bukit pepanyi, Kecamatan Wih pesam, milik Herli Berliandi di Desa Suka Ramai Atas, Kecamatan Wih Pesam dan IP2TP Gayo, di Desa Pondok Gajah, Kecamatan Bandar.


    Ditambahkan, untuk petani kopi arabika bisa mendapatkan benih  bersertifikasi di penangkaran CV. Jaya Miko, di Kampung Timang Gajah, CV. Mandarin Jaya Grub di Desa Uning Baru, Koperasi Karyawan Arabik,a Pondok Gajah dan Koprasi Pertanian Desa Lampahan. "Selain benih kopi varietas Gayo 3, disana juga terdapat benih kopi varietas Gayo 1 dan benih kopi varietas Gayo 2,” pungkasnya. ||*

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini