Pj WaliKota Tebing Tinggi Targetkan Evaluasi Kota Layak Anak Tahun 2023 Di Kategori Tingakat Utama

Daftar Isi





Tebing Tinggi,Indometro.id -  Pemko Tebingtinggi melalui Dinas P3APM (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat) dan Bappeda (Badan Perencana Pembangunan Daerah) menggelar rapat koordinasi (rakor) Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Kota Tebingtinggi, Kamis (16/02/2023) di ruang aula Bappeda.

Pj. WaliKota mengatakan bahwa target untuk evaluasi Kota Layak Anak tahun 2023 ini adalah KLA dengan kategori tingkat Utama atau setidaknya bertahan ditingkat Nindya.

Dijelaskan, bahwa evaluasi KLA 2023 akan sangat berbeda dari penilaian tahun-tahun sebelumnya, yang mana tahun sebelumnya berada ditingkat Nindya, sementara tahun ini akan menuju ketingkat Utama.

“Sudah barang tentu lebih banyak lagi indikator yang harus kita sempurnakan. Jadi untuk tahun 2023 ini, target kita itu jangan turun dari Nindya, paling tidak harus bertahan,” pinta Pj. Wali Kota.

Senada hal itu, Pj. Wali Kota meminta kepada OPD terkait agar lebih bekerja keras untuk melengkapi data-data. Data administrasi yang diminta di beberapa OPD dan telah diverifikasi merupakan bukti komitmen kita bahwa kita KLA.

“Apabila dokumen sudah lengkap berarti kita komitmen untuk jadi KLA. Kelengkapan sebagaimana sudah disampaikan kalau bisa mencapai 98 (sembilan puluh delapan) persen dokumen ini terpenuhi, baru bisa tingkat Utama,” urai Pj. Wali Kota.

Ditambahkan Pj. Wali Kota, setelah dokumen dinyatakan lengkap, akan dilakukan verifikasi oleh tim provinsi dan pemerintah pusat (Kementrian), yang mana kemungkinan tahun ini peninjauan langsung ke lapangan.

“Apalagi ini Nindya naik ke tingkat Utama. Sudah barang tentu timnya pun bukan tim sembarangan yang akan turun. Konsekuensi, dari semua data semua inviden yang didata dilapangan itu harus ada,”

“Jadi harus teruji semua dari 5 klaster, masing – masing indikatornya harus ada. Silahkan nanti menyesuaikan sesuai dengan apa yang menjadi bagian OPD masing – masing,” tegas Pj. Wali Kota.

Sebelumnya, dalam laporan yang disampaikan Dra. Sri Wahyuni, M.Si selaku Sekretaris Satgas KLA, bahwa rakor kali ini merupakan tindaklanjut dari Rapat Gugus Tugas pada Jumat, 03 Februari yang lalu.

Lanjutnya, bahwa Satgas KLA telah menyurati OPD terkait, Kecamatan dan Kelurahan untuk kelengkapan administrasi data Evaluasi KLA tahun 2022. Namun, dari 33 OPD, ternyata baru 15 OPD yang telah menyampaikan data Evaluasi KLA-nya.

Sementara, belum satupun Kecamatan atau Kelurahan yang menyerahkan kelengkapan data administrasinya.

“Kami telah menyampaikan surat untuk permintaan data KLA pada tanggal 4 Januari 2023. Dari 33 OPD yang ada di Pemko Tebing Tinggi, baru 15 OPD yang telah melengkapi data administrasi evaluasi KLA-nya dan belum satupun dari Kecamatan maupun Kelurahan yang menyerahkan datanya,” ulas Sekretaris Satgas KLA.

Ditambahkannya, bahwa jadwal verifikasi Mandiri sudah dimulai oleh Kementrian tanggal 8 Februari sampai 23 Maret 2023 untuk mengupdate data yang diminta sesuai indikator.

“Selanjutnya akan diverifikasi oleh Dinas P3APM provinsi Sumatera Utara pada 27 Maret 2023,”

Dalam rakor tersebut turut dihadiri Kepala OPD terkait atau mewakili, Camat dan Lurah atau mewakili serta tamu undangan.

(*)

Posting Komentar

Ads:

banner image
banner image