-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    ATM KKS Di Dompet Oknum Pendamping PKH Tongas Kabupaten Probolinggo

    Senin, 28 November 2022, November 28, 2022 WIB Last Updated 2022-11-29T02:09:58Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    PROBOLINGGO-INDOMETRO.ID 
    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Pangan (BSP) Kementerian Sosial, merupakan bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai. Konsep penyaluran bansos, langsung melalui rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk itu penerima manfaat harus memegang sendiri KKS (ATM) dan buku rekening.

    Atas Laporan masyarakat Tongas Kabupaten Probolinggo Jawatimur kepada LSM GMAS DPK Tongas (buasim), atas keluhan tidak memegang sendiri ATM (KKS) tetapi menerima bantuan dari oknum KKS dengan jumlah yang di terima tidak sesuai, dan beberapa daerah di Kabupaten Peobolinggo  juga melaporkan hal yang sama. Terindikasi adanya dugaan penyalahgunaan bansos PKH mengiringi progress Bansos Non Tunai dan SDM yang menyalahi aturan kode etik sebagai pelaksana PKH. Apalagi sampai menguasai KKS PKH milik penerima manfaat.


    “Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS milik KPM PKH harus dibawa sendiri dan proses pengambilan bansos juga dilakukan sendiri, tidak boleh dititipkan kepada pendamping atau koordinator PKH, atau diwakilkan kepada siapa pun. Sebaliknya, tidak boleh ada “imbal jasa” atau pungutan apa pun yang dikenakan kepada para KPM,”.


    Kemensos mewajibkan para pendamping dan koordinator PKH untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para KPM. Sosialisasi tersebut mencakup soal kebijakan perubahan waktu penyaluran bansos dan besaran nilai yang diterima per bulan, tata cara penarikan bansos, tata cara mengurus Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang hilang, rusak, atau tertelan mesin ATM, dan termasuk mengedukasi KPM tentang tata cara pengaduan. Sosialisasi ini didukung oleh pemerintah daerah, serta bank penyalur bansos. (tutur kepala kordinator PKH).


    “Selain oknum SDM. Peluang penyalahgunaan juga bisa datang dari oknum lain. Maka segera di laporkan”. Penyaluran Bansos PKH  telah realisasi. Begitupun Penyaluran bansos tiap bulan sesuai dengan penyesuaian kebijakan Kemensos telah terealisasi.




    Komentar

    Tampilkan

    Terkini