Tebing Tinggi,(Indo Metro).- Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad
Dimiyathi, S.Sos, M.TP turun Inspeksi Mendadak (Sidak) ke dua unit pelayanan
publik yang berhubungan langsung pada masyarakat, yaitu Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Mall Pelayanan Publik (MPP), Selasa (27/9/2022).
Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi menjelaskan, bahwa sidak ini dilakukan untuk
melihat langsung bagaimana pelayanan publik yang diberikan oleh kedua institusi
ini.
Saat melakukan sidak di Disdukcapil, Dimiyathi mengungkapkan bahwa pelayanan di
Disdukcapil sudah berjalan dengan ketentuan yang berlaku. Namun, masih terdapat
kendala terkait dengan server pusat sehingga menimbulkan perlambatan pada proses
pencetakan dokumen. "Yang sifatnya cetak-cetak ulang masih bisa berjalan, namun
mungkin tadi yang sifatnya update ataupun perubahan data penduduk, ini yang
mengalami kendala, walaupun masih bisa input, tetapi tidak bisa langsung keluar
data terbarunya. Yang biasanya sekitar 10 menit bisa keluar, saat ini masyarakat
harus menunggu, dan saya rasa itu tidak menjadi kendala, Kemendagri tentunya
akan cepat mengatasi masalah ini," ungkapnya Terkait Sidak di Mall Pelayanan
Publik, Dimiyathi juga menjelaskan bahwa pelayanan berlangsung dengan baik.
Dijelaskan Dimiyathi, sidak ke MPP juga turut dilakukan karena MPP merupakan
salah satu ikon Kota Tebing Tinggi yang melakukan pelayanan publik baik hal
perizinan maupun non perizinan. "Ini juga kita melakukan sidak, karena ini salah
satu ikon Kota Tebing Tinggi. Jadi kita tadi cek ke MPP ini, masih berjalan
dengan baik, gerai-gerainya masih terbuka untuk melayani, dan kita cek tadi
sampai jam 11.00 Wib, jumlah pengunjung sudah diatas 75 orang, dan ini terus
bertambah, kita lihat masih ada yang menunggu dalam antrian untuk mendapatkan
pelayanan," jelasnya.
Menurut Pj Wali Kota Muhammad Dimiyathi, pelayanan
terbanyak masih didominasi oleh BPJS dan Disdukcapil, disusul gerai Samsat untuk
pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor. "Saya kira ini sudah berjalan dengan baik,
dan kami minta nanti kepada Kadis yang menangani kedua palayanan publik ini,
bisa berjalan dengan baik dan pelayanan lebih ditingkatkan lagi," tutup Pj Wali
Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi.(Dy Hart).-